Mengenai Saya

Foto saya
MIS BAHRUL ULUM PURWOREJO PUNGGING MOJOKERTO BERADA DI DAERAH PEGUNUNGAN TEPATNYA DI JALAN MOJOSARI TRAWAS KM 11DESA PURWOREJO RT/RW 12/02

Laporan Pertanggung Jawaban Kepala Madrasah/Sekolah



LAPORAN AKHIR TAHUN MADRASAH IBTIDAIYAH
 BAHRUL ULUM
LAPORAN TAHUNAN 2018
MI BAHRUL ULUM

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah kepada kami, sehingga kami ditahun ke -3 masa jbatan kami ,dapat menyusun Laporan Tahunan Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018, sholawat serta salam semoga selamanya dicurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluraganya, para shabatnya, dan semoga kita semua dalam menjalani kehidupan di dunia ini mendapat ridho magfiroh Allah SWT.
Merupakan salah satu kewajiban Kepala Sekolah setiap akhir tahun Pelajaran menyampaikan Laporan Tahunan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan program pendidikan selama kurun waktu satu tahun pelajaran yang disampaikan kepada Yayasan Pendidikan Islam&sosial Kemasyarakatan Bahrul Ulum(YAPISK). Pemerintah,orang tua siswa serta kepada pihak yang terkait dalam bidang pendidikan.
Kami menyadarai bahwa Laporan Tahunan yang kami sampaikan ini masih jauh dari sempurna, tidak terperinci serta mendetail hanya memuat garis besarnya saja karena keterbatasan kemampuan, ruang dan waktu, namun demikian semoga Laporan Tahunan ini dapat dijadikan bahan kajian dan evaluasi demi perbaikan dalam penyelenggaraan program pendidikan dimasa yang akan datang.
Ucapan terimakasih kami sampaikna kepada Yayasan Pendidikan Islam & sosial Kemasyarakatan Bahrul Ulum(YAPISK, Komite Sekolah,Dewan Guru ,orang tua siswa, masyarakat, dan pihak terkait yang telah membantu lancarnya penyelanggaraan pendidikan di MI Bahrul Ulum Kecamatan Pungging kab.Mojokerto jawa Timur, semoga amal kebaikannya mendapat pahala dan ridho Allah SWT. amiiin!

Pungging , 16 Juni 2017
Kepala MI
MI Bahrul Ulum




Fathur Rohman,S.Ag






LAPORAN
KEPALA MI BAHRUL ULUM
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  1. PENDAHULUAN
Pembangunan Pendidikan Nasional pada Institusi MI Bahrul Ulum bertujuan untuk mewujudkan insan cerdas berkualitas yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, menguasai teknologi dan seni, berwawasan masa depan dan global yang berbasiskan nilai-nilai luhur dan berbudaya lokal yang mandiri.
Berdasarkan pada kondisi nyata, kebutuhan, kemampuan, kewenangan, dan tanggung jawab, maka bidang pendidikan perlu dibangun dan dikembangkan dengan komitmen bersama antara prsyarikatan pemerintah, masyarakat, dan orang tua murid dalam penyelenggaran pendidikan secara demokratis, terbuka, partisipatif, bermartabat, dan bertanggung jawab. Untuk itu, kepala sekolah dituntut mampu menyusun program kerja yang akuntabel, dan melaporkannya kepada pihak terkait pada akhir tahun pelajaran.
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama, dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan yaitu ; meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Program pendidikan masa Bakti 2017-2018 di MI Bahrul Ulum Kecamatan Pungging  dapat terselenggara berkat kerjasama yang baik antara ke-5 komponen yakni; Yayasan Guru,Pemerintah, Masyarakat dan Orang Tua.

  1. TUJUAN
Laporan Tahunan Kepala Sekolah yang disampaikan pada akhir tahun pelajaran 2017/2018 bertujuan antara lain :
  1. Untuk menyampaikan pelaksanaan program kerja Kepala Sekolah masa bakti  masa Bakti 2017-2018
  2. Melaporkan pencapaian komptensi peserta didik, serta kemajuan belajar siswa.
  3. Sebagai bahan evaluasi tentang pelaksanaan program sekolah selama satu tahun pelajaran.
  4. Menampung saran atau masukan dari orang tua siswa, masyarakat dan pihak pemerintah (Instansi terkait) demi perbaikan program dan pelaksanaan program pendidikan untuk tahun pelajaran berikutnya
  5. Menyampaikan himbauan kepada orang tua siswa kelas VI yang telah tuntas mengikuti kegiatan pendidikan selama 6 tahun, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP/MTs sesuai dengan program Wajib Belajar 9 Thn yang telah direncanakan oleh pemerintah.

        III.     MATERI LAPORAN
Materi Laporan Tahunan Kepala Sekolah mengacu pada Program Sekolah yang telah dirumuskan pada awal tahun pelajaran bersama Komite Sekolah.
Adapun Materi Laporan Tahunan Kepala Sekolah adalah sebagai berikut:
  1. Bidang Kesiswaan
  2. Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
  3. Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Pengembangannya
  4. Bidang Saran dan Prasarana.
  5. Bidang Keuangan dan Pembiayaan
  6. Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah
  7. Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitaraan
  8. Bidang Lain lain.

  1. Bidang Kesiswaan :
o    Penerimaan Siswa Baru Kelas I Pertahun
o    Peneriamaan siswa baru kelas I masa Bakti 2017/2018 dilaksanakan mulai minggu ke-1 bulan Juli  samapai dengan minggu ke-2 bulan Juli tiapTahun Pelajaran.
o    Calon siswa yang mendaftar dicatat dengan menggunakan buku calon Siswa didik Baru.
o    Nama-nama calon siswa yang telah ditetapkan menjadi siswa kelas I dilaporkan ke kemenag melalui Emis dan Data Base BOS tiap Awal Pelajaran
Data Keadaan Siswa MI Bahrul Ulum pada masa Bakti  masa Bakt 2017-2018sebagai berikut :
A.Tahun 2017/2018
No
Uraian
Jumlah Murid
L
P
Jumlah
1.
Jumlah siswa Awal tahun 2017/18


1084
2.
Masuk Selama Satu Tahun Pelajaran




Jumlah


1084
3.
Keluar/pindah selama satu tahun pelajaran

2
2

Jumlah



4.
Siswa kelas VI yang tamat/ Lulus


23

Jumlah Siswa Akhir Tahun Pelajaran


1082
Jumlah siswa kelas  seluruhnya TP 2017/2018 184 orang yang mengikuti kegiatan UN/US sebanyak 203. Orang, dan berdasarkan hasil Rapat Dewan Guru semuanya peserta yang ikut Ujian Sekolah dinyatakan Lulus/Tamat
Prestasi Siswa tahun 2017/2018
No
Kegiatan
Juara
1
Gerak jalan
 Juara 3 ( PI) Kecamatan
2
Pramuka
 Juara 2   (PI) Kabupaten
3
Tahfidz

4
Pidato


  1. Layanan Konseling
Layanan konseling pada peserta didik yang memerlukan dilakukan oleh guru kelas masing-masing.
1.      Melakukan Kegiatan Ekstrakurikuler
  1. Kegiatan ekstrakurikuler dilkasanakan diluar jam belajar, sesuai dengan jadwal dan program kegiatan yang telah ditetapkan.
  2. Jenis Kegiatan ekstrakulikuler terdird dari :
  • Pembinaan Kepramukaan/ Hizbul Wathan hanya pada 2017/2018
  • Pembinaan Keagamaan (sholat dhuhur berjamaah dan Dhuha)
  • Pembinaan Tata Upacara Bendera
  • Kedesiplinan/Patriotik Oleh Babinsa Kecamatan Pungging Kab. Mojokerto

3.      Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

·         Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
·         Mengadakan musyawarah dengan Komite Sekolah untuk menyusun dan menetapkan KTSP Tiap  tahun pelajaran baru
·         KTSP di kembangkan sesuai dengan kondisi sekolah,potensi, atau kateristik daerah, sosial budaya masyarakat dan peserta didik.
·         Menyusun silabus setiap mata pelajaran sesuai dengan Standar Isi,Standar Kompetensi lulusan, dan Panduan Penyusunan KTSP.
·         Kalender Pendidikan
·         Membuat kalender pendidikan yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan,ujian, kegiatan ekstrakulikuler, dan hari libur :
Libur Semester & Masuk Sekolah mengacu pada :
  1. Pembuatan kalender pendidikan di dasarkan pada Standar Isi,berisi mengenai aktivitas sekolah selama satu tahun ajaran dan dirinci secara semesteran, bulanan, dan mingguan
  2. Menyusun mata pelajaran yang di jadwalkan pada semester gazal, dan semester genap.
  3. Program Pembelajaran
  4. Menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan
  5. Kegiatan pembelajaran didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaan, serta Standar Proses dan Standar Penilaian.
  6. Mutu pembelajaran dikembangkan dengan: model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses; melibatkan peserta didik secara aktif demokratis, mendidik, motivasi, mendorong kreativitas dan dialogis dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM)
  7. Penilaian Hasil Belajar Siswa
  8. Melaksanakan kegiatan Ulangan Harian
  9. Melaksanakan kegiatan Ulangan  Tengah Semester
  10. Melaksanakan kegiatan Ulangan Akhir Semester I
  11. Melaksanakan kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas
  12. Peraturan Akademik
o    Menyusun Tata Tertib Sekolah
o    Menetapkan peraturan akademik yang berisi persyaratan minimal kehadiran siswa untukmengikuti pelajaran dan tugas dari guru;
o    Peraturan akademik di putuskan oleh rapat dewan pendidikan dan di tetapkan oleh kepala sekolah.

4.      Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
o    Menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, dengan memperhatikan Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan
o    Memformulasikan kepatutan tempat mengajar dan strategi mengendalikan mutu
o    Menyusun pembagian tugas mengajar tenaga pendidikan dan tugas tambahan (bimbingan) dan funsional lain yang dibutuhkan dalam penanganan job administrasi misal,pengelolah tim work studi tour,kegiatan PHBN/I
o    Menambah tenaga adm Sdr Ririn Indawati,Spd

5.      Bidang Sarana dan Prasarana
o    Program pengelolaan sarana dan prasarana mengacu pada Standar Sarana dan Prasarana meliputi merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pebdidikan.
o    Mengevaluasi keadaan fisik dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasaran agar tetap berfungsi mendukung proses pendidikan.
o    Melengkapi fasilitas pembelajaran membuat dengan Merenovasi  gedung Kantin  sekolah baru.
o    Membuat Papan Baliho depan kelas 1 sebagai sarana pengiklanan identitas dan kegiatan Madrasah
o    Menyusun skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat.
o    Pemeliahaaran umum fasilitas fisik dan peralatan dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.
o    Pembelian TV 29 Inc sebagai sarana update informasi dan wawasan PTK
Keadaan sarana dan prasarana pada tahun pelajaran 2017/2086, sebagai berikut:
  1. Gedung Sekolah
Bangunan MI Bahrul Ulum terdiri dari 13 unit Bangunan
Nama Prasarana
Jumlah
Keadaan
Ruangan Kantor/Guru                          
1
Rusak sedang
Rungan Belajar                                     
2
Rusak berat
Ruangan belajar
4
Rusak sedang
Ruangan perpus
1
Rusak sedang
Ruangan UKS
1
Rusak berat
Ruang pertemuan
1
bagus
WC
1
baik
WC
2
Rusak sedang
Total
13

Usaha pihak pimpinan Madrasah (Yayasan Dan Kepala Madrasah Dan Jajaranya) menyikapi realitas prasarana 2 gedung rusak berat yang berdasar pada SOB Prioritas :
Ø  Bekerjasama dengan pihak penyedia jasa yaitu H.Bakhri Mojorejo Kecamatan Pungging Kab.Mojokerto untuk merenovasi lanjutan Kantin sekolah yang belum Final pada Tahun sebelumnya
Ø   Menghimpun dana dari hasil penjualan buku penunjang dan sumber dana dari pos perawatan sebesar 5.931.000
Ø  Renovasi menelan biaya 10 .000.000 sehingga minus 4 .069.000
Ø  Membuat Perjanjian pelunasan hutang kepada penyedia jasa dengan cara diangsur pihak madrasah untuk kontrak kepahaman dalampelunasan pinjaman.

2.      Iventaris  Sekolah
NO.Urut
Jenis Barang Inventaris
Jumlah/Kondisi
Jumlah
Baik
Sedang
Rusak
1.
Meja Murid
42
40

82
2.
Kursi Murid
100
84

184
3.
Meja guru/Kepala Sekolah
6


6
4.
Kursi guru/Kepala Sekolah
6


6
5.
Lemari
6


6
6.
Rak buku
3


3
7.
Papan Tulis
6
2
3
11
8.
Kursi Tamu
4



9.
Peralatan Gedung
5


5
10.
Komputer
1
4
1
6
11.
Laptop

1

1
12.
TV
1


1
13.
Tape recorder/VCD
1


1
14.
Sound system
1


1
15.
Proyrktor


1
1
16
Bando Gerbang
1


1

3.      Bidang Keuangan dan Pembiayaan
v  Dana Kekayaan Madrasah diatur menjadi 3 Pos yang meliputi:
1.      Honor PTK yang di pegang oleh Bendahara Bos(Sdr Mashudi)
2.      Oprasional Madrasah di pegang oleh Sdri Desy Istighfari)
3.      Dana Perawatan dipegang Oleh Sdr Ach.Rifa`i
v  Mengatur sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola sesuai posnya.
v  Membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya.
v  Membukukkan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada Yayasan , kepala madrasah, komite sekolah, orang tua siswa,dan instansi terkait.
Untuk masa Bakti penerimaan dan pengeluaran keuangan secara garis besarnya kami laporkan sebagai berikut :
No
Uraian
Penerimaan Rp.
Pengeluaran Rp.
1.
Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) reguler


2.
Dana bantuan lain


3



4




Jumlah






Saldo
0

Untuk lebih jelasnya mengenai laporan keuangan dan pembiayaan sekolah, dapat dilihat dalam pembukuan keauangan (SPJ).

Tabungan Siswa
Tabungan wajib  siswa sampai dengan tanggal 30 Desember 2017 sebagai berikut
No
Kelas
Jumlah
1.
I

2.
II

3.
III

4
IV

5
V

6
VI




Jumlah


Tabungan Guru dan Pegawai tahun 2016
No
Uraian
Jumlah
1.
Guru

2.
Pegawai kantin

3
SHU




Jumlah



  1. Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah
Terciptanya suasana, iklim, dan lingkungn pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien
Ditetapkannya pedoman tata tertib yang berisi : tata tertib pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, termasuk dalam hal menggunakan dan memelihara prasarana pendidikan.
Ditetapkannya kode etik warga sekolah yang memuat norma tentang hubungan norma sesama warga di dalam lingkungan sekolah/madrasah dan hubungan antara warga sekolah/madrasah dengan masyarakat.
Kode etik sekolah mengatur peserta didik untuk :
o   Menjalankan ibadah sesuai dengan aturan agama dan baik;
o   Menghormati pendidik dan tenaga kependidikan;
o   Mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;
o   Memelihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
o   Mencintai keluarga,masyarakat,dan menyayangi sesama;
o   Menjaga dan memelihara sarana dan prasana, keberhasilan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kenyamanan sekolah

  1. Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitraan
·         Terbentuknya organisasi Komite Sekolah yang berfungsi untuk mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat tehadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu serta mumpumg dan menganalisis aspirasi,ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
·         Melibatkan warga dan masyarakat pendukung sekolah dalam mengelola pendidikan
·         Menjalain kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, berkaitan dengan input, proses, output, dan pemanfaatan lulusan
·         Kemitraan yang berkaitan dengan penerimaan siswa baru kelas I dilakukan dengan RA Bahrul Ulum dibawah asuhan IBU MASULUN S.AG.
  1. Lain-lain
  2. Pada bulan suci Ramadhan, di selenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan.
  3. Karena baru habis  ijin oprasional sehingga banyak usaha dilakukan untuk mengurus ijin Operasional dan alhamdulillad sudah keluar dari badan perizinan terpadu (BPT) Banyuasin tanggal 28 Februari 2016.

  1. USULAN
  2. Kepada Kepala kemenag Kab.Mojokerto :
  • Mohon dberikan Bantuan alokasi dana BOS, sesuai jumlah siswa bukan kuota.
  • Mohon diusulkan untuk mendapat bantuan dana rehabilitasi ruang kelas
  • Mohon diusulkan untuk mendapatkan sarana perpustakaan lengkap dengan bahannya
  • Mohon diusulkan untuk mendapat bantuan alat peraga pendidikan
  • Mohon diusulkan Guru Tidak Tetap mendapat tunjangan fungsional atau tunjang sertifikasi.
  1. Kepada Yayasan MI Bahrul Ulum
o   Agar guru dan pegawai yang berstatus tidak tetap dapat diangkat menjadi Guru dan Pegawai Tetap Yayasan.
o   Agar dicarikan sumber dana lain diluar lingkungan Madrasah
  1. Kepada Pengurus Komite Sekolah dan GURU & orang tua siswa
  • Peserta Komite Sekolah dan orang tua siswa dalam membantu kelancaran program pendidikan tetap di pertahankan dan bahkan lebih meningkat lagi
  • Siswa kelas VI yang telah tamat dan dinyatakan lulus agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  • Tidak ada anak yang putus sekolah
  • Membimbing anaknya dalam dalam belajar pada saat anak sedang ada di rumah.
  • Tenaga Pendidik Lebih Serius Memperhatikan Siswa Terutama Kedesiplinan Dalamproses Belajar Mengajar Di Dalam kelas



PENUTUP
Demikian Laporan  Kepala Sekolah masa Bakti 2015/2016 yang dapat kami sampaikan untuk dijadikan bahan kajian dan evaluasi demi kemajuan pendidikan di MI Bahrul Ulum dimasa yang akan datang.
Kami menyadari bahwa ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu mohon maaf yang sedalam-dalamnya, dengan senang hati kami meminta masukan, saran dan kritik dari semua pihak untuk menyempurnakan penyelenggaraan program pendidikan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHRUL ULUM PUNGGING

Supervisi Guru Klas I Bu Anis

MI bahrul ulum