LAPORAN
AKHIR TAHUN MADRASAH IBTIDAIYAH
BAHRUL ULUM
LAPORAN
TAHUNAN 2018
MI
BAHRUL ULUM
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan
rahmat, hidayah dan inayah kepada kami, sehingga kami ditahun ke -3 masa jbatan
kami ,dapat menyusun Laporan Tahunan Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018,
sholawat serta salam semoga selamanya dicurah limpahkan kepada Nabi Muhammad
SAW, kepada keluraganya, para shabatnya, dan semoga kita semua dalam menjalani
kehidupan di dunia ini mendapat ridho magfiroh Allah SWT.
Merupakan salah satu kewajiban Kepala Sekolah setiap akhir
tahun Pelajaran menyampaikan Laporan Tahunan sebagai pertanggung jawaban
pelaksanaan program pendidikan selama kurun waktu satu tahun pelajaran yang
disampaikan kepada Yayasan Pendidikan Islam&sosial Kemasyarakatan Bahrul
Ulum(YAPISK). Pemerintah,orang tua siswa serta kepada pihak yang terkait dalam
bidang pendidikan.
Kami menyadarai bahwa Laporan Tahunan yang kami sampaikan
ini masih jauh dari sempurna, tidak terperinci serta mendetail hanya memuat
garis besarnya saja karena keterbatasan kemampuan, ruang dan waktu, namun
demikian semoga Laporan Tahunan ini dapat dijadikan bahan kajian dan evaluasi
demi perbaikan dalam penyelenggaraan program pendidikan dimasa yang akan
datang.
Ucapan terimakasih kami sampaikna kepada Yayasan Pendidikan
Islam & sosial Kemasyarakatan Bahrul Ulum(YAPISK, Komite Sekolah,Dewan Guru
,orang tua siswa, masyarakat, dan pihak terkait yang telah membantu lancarnya
penyelanggaraan pendidikan di MI Bahrul Ulum Kecamatan Pungging kab.Mojokerto
jawa Timur, semoga amal kebaikannya mendapat pahala dan ridho Allah SWT.
amiiin!
Pungging
, 16 Juni 2017
Kepala
MI
MI
Bahrul Ulum
Fathur
Rohman,S.Ag
LAPORAN
KEPALA
MI BAHRUL ULUM
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
- PENDAHULUAN
Pembangunan Pendidikan Nasional pada Institusi MI Bahrul
Ulum bertujuan untuk mewujudkan insan cerdas berkualitas yang beriman,
bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, menguasai teknologi dan seni, berwawasan
masa depan dan global yang berbasiskan nilai-nilai luhur dan berbudaya lokal
yang mandiri.
Berdasarkan pada kondisi nyata, kebutuhan, kemampuan,
kewenangan, dan tanggung jawab, maka bidang pendidikan perlu dibangun dan
dikembangkan dengan komitmen bersama antara prsyarikatan pemerintah, masyarakat,
dan orang tua murid dalam penyelenggaran pendidikan secara demokratis, terbuka,
partisipatif, bermartabat, dan bertanggung jawab. Untuk itu, kepala sekolah
dituntut mampu menyusun program kerja yang akuntabel, dan melaporkannya kepada
pihak terkait pada akhir tahun pelajaran.
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan Sekolah Menengah
Pertama, dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan yaitu ; meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Program pendidikan masa Bakti 2017-2018 di MI Bahrul Ulum
Kecamatan Pungging dapat terselenggara
berkat kerjasama yang baik antara ke-5 komponen yakni; Yayasan Guru,Pemerintah,
Masyarakat dan Orang Tua.
- TUJUAN
Laporan Tahunan Kepala Sekolah yang
disampaikan pada akhir tahun pelajaran 2017/2018 bertujuan antara lain :
- Untuk menyampaikan pelaksanaan program kerja Kepala Sekolah masa bakti masa Bakti 2017-2018
- Melaporkan pencapaian komptensi peserta didik, serta kemajuan belajar siswa.
- Sebagai bahan evaluasi tentang pelaksanaan program sekolah selama satu tahun pelajaran.
- Menampung saran atau masukan dari orang tua siswa, masyarakat dan pihak pemerintah (Instansi terkait) demi perbaikan program dan pelaksanaan program pendidikan untuk tahun pelajaran berikutnya
- Menyampaikan himbauan kepada orang tua siswa kelas VI yang telah tuntas mengikuti kegiatan pendidikan selama 6 tahun, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP/MTs sesuai dengan program Wajib Belajar 9 Thn yang telah direncanakan oleh pemerintah.
III. MATERI LAPORAN
Materi Laporan Tahunan Kepala
Sekolah mengacu pada Program Sekolah yang telah dirumuskan pada awal tahun
pelajaran bersama Komite Sekolah.
Adapun Materi Laporan Tahunan Kepala
Sekolah adalah sebagai berikut:
- Bidang Kesiswaan
- Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
- Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Pengembangannya
- Bidang Saran dan Prasarana.
- Bidang Keuangan dan Pembiayaan
- Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah
- Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitaraan
- Bidang Lain lain.
- Bidang Kesiswaan :
o Penerimaan Siswa Baru Kelas I
Pertahun
o Peneriamaan siswa baru kelas I masa
Bakti 2017/2018 dilaksanakan mulai minggu ke-1 bulan Juli samapai dengan minggu ke-2 bulan Juli
tiapTahun Pelajaran.
o Calon siswa yang mendaftar dicatat
dengan menggunakan buku calon Siswa didik Baru.
o Nama-nama calon siswa yang telah
ditetapkan menjadi siswa kelas I dilaporkan ke kemenag melalui Emis dan Data
Base BOS tiap Awal Pelajaran
Data
Keadaan Siswa MI Bahrul Ulum pada masa Bakti masa Bakt 2017-2018sebagai berikut :
A.Tahun 2017/2018
No
|
Uraian
|
Jumlah Murid
|
||
L
|
P
|
Jumlah
|
||
1.
|
Jumlah siswa Awal tahun 2017/18
|
1084
|
||
2.
|
Masuk Selama Satu Tahun Pelajaran
|
|||
Jumlah
|
1084
|
|||
3.
|
Keluar/pindah selama satu tahun
pelajaran
|
2
|
2
|
|
Jumlah
|
||||
4.
|
Siswa kelas VI yang tamat/ Lulus
|
23
|
||
Jumlah Siswa Akhir Tahun Pelajaran
|
1082
|
Jumlah siswa kelas seluruhnya TP 2017/2018 184 orang yang
mengikuti kegiatan UN/US sebanyak 203. Orang, dan berdasarkan hasil Rapat Dewan
Guru semuanya peserta yang ikut Ujian Sekolah dinyatakan Lulus/Tamat
Prestasi Siswa tahun 2017/2018
No
|
Kegiatan
|
Juara
|
1
|
Gerak
jalan
|
Juara 3 ( PI) Kecamatan
|
2
|
Pramuka
|
Juara 2
(PI) Kabupaten
|
3
|
Tahfidz
|
|
4
|
Pidato
|
|
- Layanan Konseling
Layanan konseling pada peserta didik
yang memerlukan dilakukan oleh guru kelas masing-masing.
1.
Melakukan
Kegiatan Ekstrakurikuler
- Kegiatan ekstrakurikuler dilkasanakan diluar jam belajar, sesuai dengan jadwal dan program kegiatan yang telah ditetapkan.
- Jenis Kegiatan ekstrakulikuler terdird dari :
- Pembinaan Kepramukaan/ Hizbul Wathan hanya pada 2017/2018
- Pembinaan Keagamaan (sholat dhuhur berjamaah dan Dhuha)
- Pembinaan Tata Upacara Bendera
- Kedesiplinan/Patriotik Oleh Babinsa Kecamatan Pungging Kab. Mojokerto
3.
Bidang
Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
·
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
·
Mengadakan
musyawarah dengan Komite Sekolah untuk menyusun dan menetapkan KTSP Tiap tahun pelajaran baru
·
KTSP
di kembangkan sesuai dengan kondisi sekolah,potensi, atau kateristik daerah,
sosial budaya masyarakat dan peserta didik.
·
Menyusun
silabus setiap mata pelajaran sesuai dengan Standar Isi,Standar Kompetensi
lulusan, dan Panduan Penyusunan KTSP.
·
Kalender
Pendidikan
·
Membuat
kalender pendidikan yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan,ujian, kegiatan
ekstrakulikuler, dan hari libur :
Libur
Semester & Masuk Sekolah mengacu pada :
- Pembuatan kalender pendidikan di dasarkan pada Standar Isi,berisi mengenai aktivitas sekolah selama satu tahun ajaran dan dirinci secara semesteran, bulanan, dan mingguan
- Menyusun mata pelajaran yang di jadwalkan pada semester gazal, dan semester genap.
- Program Pembelajaran
- Menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan
- Kegiatan pembelajaran didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaan, serta Standar Proses dan Standar Penilaian.
- Mutu pembelajaran dikembangkan dengan: model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses; melibatkan peserta didik secara aktif demokratis, mendidik, motivasi, mendorong kreativitas dan dialogis dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM)
- Penilaian Hasil Belajar Siswa
- Melaksanakan kegiatan Ulangan Harian
- Melaksanakan kegiatan Ulangan Tengah Semester
- Melaksanakan kegiatan Ulangan Akhir Semester I
- Melaksanakan kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas
- Peraturan Akademik
o Menyusun Tata Tertib Sekolah
o Menetapkan peraturan akademik yang
berisi persyaratan minimal kehadiran siswa untukmengikuti pelajaran dan tugas
dari guru;
o Peraturan akademik di putuskan oleh
rapat dewan pendidikan dan di tetapkan oleh kepala sekolah.
4.
Bidang
Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
o Menyusun program pendayagunaan pendidik
dan tenaga kependidikan, dengan memperhatikan Standar Pendidik dan tenaga
Kependidikan
o Memformulasikan kepatutan tempat
mengajar dan strategi mengendalikan mutu
o Menyusun pembagian tugas mengajar
tenaga pendidikan dan tugas tambahan (bimbingan) dan funsional lain yang
dibutuhkan dalam penanganan job administrasi misal,pengelolah tim work studi
tour,kegiatan PHBN/I
o Menambah tenaga adm Sdr Ririn
Indawati,Spd
5.
Bidang
Sarana dan Prasarana
o Program pengelolaan sarana dan
prasarana mengacu pada Standar Sarana dan Prasarana meliputi merencanakan,
memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pebdidikan.
o Mengevaluasi keadaan fisik dan
melakukan pemeliharaan sarana dan prasaran agar tetap berfungsi mendukung
proses pendidikan.
o Melengkapi fasilitas pembelajaran
membuat dengan Merenovasi gedung Kantin sekolah baru.
o Membuat Papan Baliho depan kelas 1
sebagai sarana pengiklanan identitas dan kegiatan Madrasah
o Menyusun skala prioritas
pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum
masing-masing tingkat.
o Pemeliahaaran umum fasilitas fisik
dan peralatan dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.
o Pembelian TV 29 Inc sebagai sarana
update informasi dan wawasan PTK
Keadaan sarana dan prasarana pada
tahun pelajaran 2017/2086, sebagai berikut:
- Gedung Sekolah
Bangunan MI Bahrul Ulum terdiri dari
13 unit Bangunan
Nama
Prasarana
|
Jumlah
|
Keadaan
|
Ruangan
Kantor/Guru
|
1
|
Rusak sedang
|
Rungan Belajar
|
2
|
Rusak berat
|
Ruangan belajar
|
4
|
Rusak sedang
|
Ruangan perpus
|
1
|
Rusak sedang
|
Ruangan UKS
|
1
|
Rusak berat
|
Ruang pertemuan
|
1
|
bagus
|
WC
|
1
|
baik
|
WC
|
2
|
Rusak sedang
|
Total
|
13
|
|
Usaha pihak pimpinan Madrasah (Yayasan
Dan Kepala Madrasah Dan Jajaranya) menyikapi realitas prasarana 2 gedung rusak
berat yang berdasar pada SOB Prioritas :
Ø Bekerjasama dengan pihak penyedia
jasa yaitu H.Bakhri Mojorejo Kecamatan Pungging Kab.Mojokerto untuk merenovasi lanjutan
Kantin sekolah yang belum Final pada Tahun sebelumnya
Ø Menghimpun dana dari hasil penjualan buku
penunjang dan sumber dana dari pos perawatan sebesar 5.931.000
Ø Renovasi menelan biaya 10 .000.000
sehingga minus 4 .069.000
Ø Membuat Perjanjian pelunasan hutang
kepada penyedia jasa dengan cara diangsur pihak madrasah untuk kontrak
kepahaman dalampelunasan pinjaman.
2.
Iventaris
Sekolah
NO.Urut
|
Jenis Barang Inventaris
|
Jumlah/Kondisi
|
Jumlah
|
||
Baik
|
Sedang
|
Rusak
|
|||
1.
|
Meja Murid
|
42
|
40
|
82
|
|
2.
|
Kursi Murid
|
100
|
84
|
184
|
|
3.
|
Meja guru/Kepala Sekolah
|
6
|
6
|
||
4.
|
Kursi guru/Kepala Sekolah
|
6
|
6
|
||
5.
|
Lemari
|
6
|
6
|
||
6.
|
Rak buku
|
3
|
3
|
||
7.
|
Papan Tulis
|
6
|
2
|
3
|
11
|
8.
|
Kursi Tamu
|
4
|
|||
9.
|
Peralatan Gedung
|
5
|
5
|
||
10.
|
Komputer
|
1
|
4
|
1
|
6
|
11.
|
Laptop
|
1
|
1
|
||
12.
|
TV
|
1
|
1
|
||
13.
|
Tape recorder/VCD
|
1
|
1
|
||
14.
|
Sound system
|
1
|
1
|
||
15.
|
Proyrktor
|
1
|
1
|
||
16
|
Bando Gerbang
|
1
|
|
|
1
|
3.
Bidang
Keuangan dan Pembiayaan
v
Dana
Kekayaan Madrasah diatur menjadi 3 Pos yang meliputi:
1.
Honor
PTK yang di pegang oleh Bendahara Bos(Sdr Mashudi)
2.
Oprasional
Madrasah di pegang oleh Sdri Desy Istighfari)
3.
Dana
Perawatan dipegang Oleh Sdr Ach.Rifa`i
v Mengatur sumber pemasukan,
pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola sesuai posnya.
v Membelanjakan anggaran pendidikan
sesuai dengan peruntukannya.
v Membukukkan semua penerimaan dan
pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada Yayasan , kepala
madrasah, komite sekolah, orang tua siswa,dan instansi terkait.
Untuk masa Bakti penerimaan dan
pengeluaran keuangan secara garis besarnya kami laporkan sebagai berikut :
No
|
Uraian
|
Penerimaan Rp.
|
Pengeluaran Rp.
|
1.
|
Dana Bantuan Oprasional Sekolah
(BOS) reguler
|
||
2.
|
Dana bantuan lain
|
||
3
|
|||
4
|
|||
Jumlah
|
|||
Saldo
|
0
|
Untuk lebih jelasnya mengenai
laporan keuangan dan pembiayaan sekolah, dapat dilihat dalam pembukuan
keauangan (SPJ).
Tabungan Siswa
Tabungan wajib siswa sampai dengan tanggal 30 Desember 2017
sebagai berikut
No
|
Kelas
|
Jumlah
|
1.
|
I
|
|
2.
|
II
|
|
3.
|
III
|
|
4
|
IV
|
|
5
|
V
|
|
6
|
VI
|
|
Jumlah
|
Tabungan Guru dan Pegawai tahun 2016
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
1.
|
Guru
|
|
2.
|
Pegawai kantin
|
|
3
|
SHU
|
|
Jumlah
|
- Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah
Terciptanya
suasana, iklim, dan lingkungn pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang
efisien
Ditetapkannya
pedoman tata tertib yang berisi : tata tertib pendidik, tenaga kependidikan,
dan peserta didik, termasuk dalam hal menggunakan dan memelihara prasarana
pendidikan.
Ditetapkannya
kode etik warga sekolah yang memuat norma tentang hubungan norma sesama warga
di dalam lingkungan sekolah/madrasah dan hubungan antara warga sekolah/madrasah
dengan masyarakat.
Kode
etik sekolah mengatur peserta didik untuk :
o
Menjalankan
ibadah sesuai dengan aturan agama dan baik;
o
Menghormati
pendidik dan tenaga kependidikan;
o
Mengikuti
proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan
mematuhi semua peraturan yang berlaku;
o
Memelihara
kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
o
Mencintai
keluarga,masyarakat,dan menyayangi sesama;
o
Menjaga
dan memelihara sarana dan prasana, keberhasilan, ketertiban, keamanan,
keindahan, dan kenyamanan sekolah
- Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitraan
·
Terbentuknya
organisasi Komite Sekolah yang berfungsi untuk mendorong tumbuhnya perhatian
dan komitmen masyarakat tehadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu serta
mumpumg dan menganalisis aspirasi,ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan
pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
·
Melibatkan
warga dan masyarakat pendukung sekolah dalam mengelola pendidikan
·
Menjalain
kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, berkaitan dengan input, proses,
output, dan pemanfaatan lulusan
·
Kemitraan
yang berkaitan dengan penerimaan siswa baru kelas I dilakukan dengan RA Bahrul
Ulum dibawah asuhan IBU MASULUN S.AG.
- Lain-lain
- Pada bulan suci Ramadhan, di selenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan.
- Karena baru habis ijin oprasional sehingga banyak usaha dilakukan untuk mengurus ijin Operasional dan alhamdulillad sudah keluar dari badan perizinan terpadu (BPT) Banyuasin tanggal 28 Februari 2016.
- USULAN
- Kepada Kepala kemenag Kab.Mojokerto :
- Mohon dberikan Bantuan alokasi dana BOS, sesuai jumlah siswa bukan kuota.
- Mohon diusulkan untuk mendapat bantuan dana rehabilitasi ruang kelas
- Mohon diusulkan untuk mendapatkan sarana perpustakaan lengkap dengan bahannya
- Mohon diusulkan untuk mendapat bantuan alat peraga pendidikan
- Mohon diusulkan Guru Tidak Tetap mendapat tunjangan fungsional atau tunjang sertifikasi.
- Kepada Yayasan MI Bahrul Ulum
o
Agar
guru dan pegawai yang berstatus tidak tetap dapat diangkat menjadi Guru dan
Pegawai Tetap Yayasan.
o
Agar
dicarikan sumber dana lain diluar lingkungan Madrasah
- Kepada Pengurus Komite Sekolah dan GURU & orang tua siswa
- Peserta Komite Sekolah dan orang tua siswa dalam membantu kelancaran program pendidikan tetap di pertahankan dan bahkan lebih meningkat lagi
- Siswa kelas VI yang telah tamat dan dinyatakan lulus agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
- Tidak ada anak yang putus sekolah
- Membimbing anaknya dalam dalam belajar pada saat anak sedang ada di rumah.
- Tenaga Pendidik Lebih Serius Memperhatikan Siswa Terutama Kedesiplinan Dalamproses Belajar Mengajar Di Dalam kelas
PENUTUP
Demikian Laporan Kepala Sekolah masa Bakti 2015/2016 yang dapat
kami sampaikan untuk dijadikan bahan kajian dan evaluasi demi kemajuan
pendidikan di MI Bahrul Ulum dimasa yang akan datang.
Kami menyadari bahwa ini sangat jauh
dari sempurna, untuk itu mohon maaf yang sedalam-dalamnya, dengan senang hati
kami meminta masukan, saran dan kritik dari semua pihak untuk menyempurnakan
penyelenggaraan program pendidikan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar