Mengenai Saya

Foto saya
MIS BAHRUL ULUM PURWOREJO PUNGGING MOJOKERTO BERADA DI DAERAH PEGUNUNGAN TEPATNYA DI JALAN MOJOSARI TRAWAS KM 11DESA PURWOREJO RT/RW 12/02

Jamu Beras Kencur

apa saja khasiat jamu beras kencur? Berikut penjelasannya.

Pereda Rasa Nyeri

Terlalu sibuk bekerja kadang dapat menyebabkan tubuh terasa sakit dan nyeri, akibatnya, aktivitas secara keseluruhan jadi terganggu. Kandungan minyak atsiri pada jamu beras kencur menjadi zat analgesik yang berfungsi menjadi obat alami bagi tubuh. Rutin meminum jamu ini dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri atau pegal linu. Selain itu, rasanya yang manis dan sedikit pedas memberikan rasa segar pada tubuh. Walhasil, stamina tubuh lebih kuat.

Pereda Batuk

Selain di Indonesia, khasiat beras kencur juga ditemukan dalam pengobatan tradisional India. Jamu beras kencur memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan. Manfaat jamu beras kencur yang menghangatkan tubuh akan memberikan kenyamanan bagi penderita infeksi saluran pernafasan atas. Tidak jarang, banyak penyanyi yang meminum minuman atau obat tradisional ini untuk menjaga suaranya agar tetap jernih.

Baca juga: Demam, Batuk, Pilek

Pereda Mual

Kencur mempunyai beberapa senyawa penting yang memberikan efek penyembuhan seperti acrid resin, minyak, kaempferid, galangin, alpinin, dan galangol. Ada dua bahan utama yang dapat dimanfaatkan dalam pengobatan yaitu galangol yang merupakan komponen yang mengandung minyak dari kencur dan acrid resin. Salah satu efek yang didapat tubuh setelah mengonsumsi kencur adalah menaikkan suhu tubuh, mengurangi gas dalam proses pencernaan, dan meningkatkan sekresi asam lambung dalam saluran pencernaan. Karena itu, sebagian masyarakat yakin khasiat jamu beras kencur adalah meredakan mual karena mabuk perjalanan, menghentikan muntah, dan mengobati diare.

Menengok banyaknya manfaat yang diberikan jamu beras kencur, tidak ada salahnya untuk memperkenalkan minuman tradisional ini kepada keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHRUL ULUM PUNGGING

Supervisi Guru Klas I Bu Anis

MI bahrul ulum