Mengenai Saya

Foto saya
MIS BAHRUL ULUM PURWOREJO PUNGGING MOJOKERTO BERADA DI DAERAH PEGUNUNGAN TEPATNYA DI JALAN MOJOSARI TRAWAS KM 11DESA PURWOREJO RT/RW 12/02

CONTOH SILABUS DAN RPP PKn



SILABUS

Nama MI                :  MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran            :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                  :  3
Semester               :  1

STANDAR KOMPETENSI:      
1.      Mengamalkan makna sumpah pemuda.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar



Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen



- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

-       Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.

-       Menyebutkan isi sumpah pemuda.

-       Mendiskusikan makna isi sumpah pemuda

-       Mendiskusikan arti satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.



-       Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.

-       Menyebutkan isi sumpah pemuda.

-       Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.

-       Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.

-       Tugas Individu.





-       Tugas kelompok.

-       Penilaian lisan.

-       Penilaian unjuk kerja.



-       Sebutkan isi sumpah pemuda.



Buku paket yg sesuai
Orang tua.
Teman.



1.1.Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.

- Mengamalkan sumpah pemuda.











-   Mengamati gambar tentang pengamalan nilai sumpah pemuda.

-   Menyebutkan contoh-contoh pengamalan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.


-   Mengekspresikan pemahaman makna sumpah pemuda dalam bentuk karangan.







Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).



Tugas Individu.



-       Penilaian sikap.

-       Penilaian lisan.

-       Penilaian portofolio.


- Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu. Ceritakan apakah kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah pemuda.



Buku paket.
Orang tua.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.





- Kerja sama
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
- Mengamalkan sumpah pemuda


- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama, pemahaman bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, dan pengamalan sumpah pemuda. 

- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi kerja sama, pemahaman beratu kita teguh bercerai kita runtuh, dan pengamalan sumpah pemuda.










- Ulangan harian



- Pilihan ganda

- Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.  Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena ...
    a. terpecah belah
    b. penakut
    c. mudah menyerah

2. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu Bangsa, Satu Bahasa”?

Buku Buku referensi lain.
Orang tua.
Teman.
Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.








Pungging,3 0 Juni 2016
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                                   Guru Mata kelas 3
                             Kepala Sekolah




                                        Fathur Rohman.S.Ag                                                                                                                                                                                       Fathur Rohman.S.Ag
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.






Nama MI                          :   MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran                :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                               :   3
Semester                        :   1

STANDAR KOMPETENSI:   
2.         Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

2.1.    Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.


Ayo melaksanakan norma di masyarakat.



-     Norma yang berlaku di masyarakat.



­   Menjelaskan pengertian norma.

­   Mengamati gambar tentang penerapan norma yang berlaku di masyarakat.

­   Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.

­   Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

­   Menjelaskan pengertian norma.

­   Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.

­   Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.



­   Tugas individu.

­   Penilaian lisan.




-    Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat?




-   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III,
-   Orang tua.
-   Teman.
-   Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.

2.2.    Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.


-     Hidup dalam norma yang berlaku.


­   Mengamati gambar tentang beberapa norma yang berlaku di masyarakat.

­   Menyebutkan contoh aturan-aturan atau norma yang  berlaku di masyarakat.

­   Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa.


­   Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.

­   Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa.




 -    Tugas       
      individu.

­   Penilaian lisan.

­   Penilaian unjuk kerja.


-       Berani mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ...


-   Buku paket .
-   Orang tua.
-   Teman.
-   Lingkungan rumah (keluarga),sekolah, dst.








2.3    Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

-    Melaksanakan norma yang berlaku.

­   Mengamati gambar tentang trindakan melaksanakan norma yang berlaku.

­   Mengamati gambar tentang tindakan melanggar norma yang berlaku.

­   Menjelaskan tindakan-tindakan yang sesuai dengan norma di masyarakat.

­   Menjelaskan tindakan-tindakan yang melanggar norma di masyarakat.

­   Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku.

­   Melaksanakan aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku di masyarakat


-       Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.

-       Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.

-       Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.

-       Melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.




-  Tugas kelompok.

-    Penilaian lisan.

-    Penilaian unjuk kerja.

-    Penilaian sikap.


-         Apabila mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya
          kamu ...

2 x 35 menit

-       Buku paket
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah keluarga),
        sekolah, dst.


-    Norma yang berlaku di masyarakat.

-   Hidup dalam norma yang berlaku.

-   Melaksanakan norma yang berlaku.


­   Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang berlaku, dan pelaksanaan norma yang berlaku.









­   Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang berlaku, dan pelaksanaan norma yang berlaku.


­   Ulangan harian.




­   Pilihan ganda.





­   Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.  Norma adalah tatanan yang mengatur orang dalam
     hal ...
  1. pergaulan sehari-hari
  2. cara seseorang berjalan
  3. cara orang mengerjakan PR



2.  Norma yang biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma ...


-       Buku paket
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah keluarga),
        sekolah, dst.


Pungging,     30 Juni    2016
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                               Guru Mata kelas 3
                             Kepala Sekolah





                                        Fathur Rohman.S.Ag                                                                                                                                                                                  Fathur  Rohman.S.Ag
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                        NIP.

                                               


                                               
Nama MI                       :   MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran           :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                             :   3
Semester                     :   2

STANDAR KOMPETENSI:   
3.         Memiliki harga diri sebagai individu.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

3.1.    Mengenal pentingnya memiliki harga diri.

3.2.    Memberi contoh bentuk harga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.





Ayo miliki harga diri

-       Apa itu harga diri?











­    Menjelaskan pengertian harga diri.

­    Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.

­    Menyebutkan contoh bentuk harga diri.

­    Menjelaskan perilaku memiliki harga diri yang tepat dan tidak tepat.

­    Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.





-       Menjelaskan pengertian harga diri.

-       Menyebutkan contoh bentuk harga diri.

-       Mengidentifikasi perilaku memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.

-       Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.

-       Menjelaskan akibat tidak memiliki harga diri.



­    Tugas indivi-du.

­    Tugas kelom-pok.






­    Penilaian lisan.


­    Penilaian unjuk kerja.





­    Apa akibat apabila harga diri seseorang diinjak-injak?



4x35           
 menit.



-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewargane-garaan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 51-63.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.



3.3.    Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.





- Sikap menghargai

-       Mengamati gambar  yang menunjukkan perilaku memiliki harga diri.

-       Mengamati gambar yang menunjukkan perilaku menghargai orang lain.

-       Menceritakan bagaimana cara berperilaku yang mencerminkan harga diri.

-       Menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.

-       Menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain.

-       Mengekspresikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki harga diri melalui puisi.

-       Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.



­    Menjelaskan pentingnya menghargai orang lain.

­    Menyebutkan contoh perilaku menghargai orang lain.

­    Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.



­    Tugas kelom-pok.




­    Penilaian lisan.

­    Penilaian unjuk kerja.

­    Penilaian portofolio



-       Buatlah sebuah puisi singkat yang melukiskan betapa menyedihkannya kehidupan orang yang tidak memiliki harga diri.


2 x 35 menit

-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewargane-garaan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 64-70.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.










-       Apa itu harga diri?
-       Sikap menghargai.

-       Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan harga diri dan sikap menghargai.

­    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai harga diri dan sikap menghargai.

­    Ulangan harian.




­    Pilihan ganda.


­    Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).

1.  Harga diri sama artinya dengan ...
     a.  kehormatan diri
     b. keangkuhan diri
     c. rendah diri

2. Jelaskan mengapa seseorang harus mempunyai harga diri!

2x35 menit

-       Buku paket hal. 51-72
-       Buku referensi lain.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst


















                                                                    Pungging ,30  Juni 2016
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                                    Guru Kelas 3
                             Kepala Sekolah




                                        Fathur Rohman,S.Ag                                                                                                                                                                                           Fathur Rohman,S.Ag.




Nama MI                          :   MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran                :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas                               :   3
Semester                        :   2

STANDAR KOMPETENSI:   
4.         Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar

Teknik

Bentuk Instrumen


Contoh
Instrumen

4.1.    Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinnekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.



Ayo bangga menjadi bangsa Indonesia.

-  Keanekaragaman  Indonesia
























-       Menyebutkan contoh budaya khas daerah-daerah di Indonesia.

-       Menyebutkan contoh hewan khas daerah-daerah di Indonesia.

-       Menyebutkan contoh tumbuhan khas daerah-daerah di Indonesia.

-       Menceritakan keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia.

-       Menceritakan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

-       Mengekspresikan perasaan menjadi anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang begitu banyak melalui karangan.

-        

-       Mengidentifikasi keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia.

-       Mengidentifikasi kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

-       Memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang begitu banyak.




­    Tugas individu.




­    Penilaian lisan.


­    Penilaian unjuk kerja.

­    Penilaian portofolio.


­    Ceritakanlah di depan kelas mengenai hal yang kamu anggap paling membanggakan di daerahmu.

­    Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku bangga menjadi anak Indonesia”.


4x35           
 menit.

-       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 73-83.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
Kompetensi
Dasar
Materi
Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
(menit)
Sumber/Bahan Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen

Contoh
Instrumen

4.2.    Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.








­    Bangga menjadi orang Indonesia.










­    Mengamati gambar tentang perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia dan yang tidak.

­    Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

­    Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

­    Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

­    Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.

­    Tugas individu.


­    Penilaian lisan.

­    Penilaian sikap.

­    Penilaian unjuk kerja.


­    Apabila kamu bangga sebagai bangsa Indonesia, kamu akan memilih berlibur ke ....


2x35           
 menit.

-       Buku paket hal. 84-89
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.










­    Keanekara-gaman Indonesia.
­    Bangga menjadi orang Indonesia.

­    Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan keanekaragaman Indonesia dan rasa bangga menjadi orang Indonesia.


­    Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai keanekaragaman Indonesia dan rasa bangga menjadi orang Indonesia

­    Ulangan harian.




­    Pilihan ganda.



­    Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).


1.   Rumah khas Batak Toba disebut sebagai …
      a. bolon
      b. gadang
      c. joglo

2.  Olahraga khas Nias yang terkenal adalah …


2x35           
   menit.

-       Buku paket hal. 73-92.
-       Buku referensi lain.
-       Orang tua.
-       Teman.
-       Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.










 


................, …………………………………
                                                Mengetahui,                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
                             Kepala Sekolah




                                        __________________                                                                                                                                                                                             __________________
                                           NIP.                                                                                                                                                                                                                                         NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)
Tahun Pelajaran       : 2016/2017

Standar Kompetensi            
1.      Mengamalkan makna sumpah pemuda.

Kompetensi Dasar                
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian kerja sama.
2.      Menjelaskan manfaat kerja sama.
3.      Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.      Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.      Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.      Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.      Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.      Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.      Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10.  Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Alokasi Waktu                       :     2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2.   Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.   Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.   Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.   Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.   Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.   Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.   Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

B.  Materi Ajar
1.   Kerja sama.
2.   Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelompok.
4.   Diskusi kelas.
5.   Tanya jawab.
6.   Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
c)   Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta mengamati gambar tentang pertandingan tim bola basket atau olah raga lain.
·         Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket”/ olah raga lain).
·         Menanyakan pertanyaan pemahaman bacaan .
·         Guru menjelaskan pengertian kerja sama dengan memberi contoh pada bacaan ”pertandingan”.
·          Semua siswa diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut dengan teman sekelompoknya.
·         Manfaat kerja sama.
·         Akibat tidak mau bekerja sama.
·         Contoh-contoh kerja sama yang dapat dilakukan di sekolah.
·         Contoh-contoh kegiatan sekolah yang tidak boleh dilakukan dengan kerja sama.
f)       Guru menjelaskan bahwa diskusi yang siswa lakukan dalam kelompok merupakan salah satu bentuk kerja sama.
g)      Guru menjelaskan cara berdiskusi yang baik.
h)      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hasil diskusi kelompok.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Guru mengajak semua siswa mengambil kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
b)   Guru mengingatkan kembali siswa mengenai pentingnya kerja sama.
c)   Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama.
d)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, 2.     Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
               Teknik                         :           tugas kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen       :           penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja.


Contoh Instrumen       :    
·         Manfaat kerja sama adalah .................................................................................
·         Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ..............................................................
·         Kerja sama di sekolah misalnya .........................................................................
·         Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya .......................
·         Saya dan teman-teman bekerja sama dalam .......................................................

Ø  Sebutkan isi sumpah pemuda!.............................................................................
                                                           
                  
                                                        Pungging,           Juni  2016
              Mengetahui,
                                                                               
            Kepala Sekolah                                                             Guru Kelas 3



         Fathur Rohman,S.Ag                                                      Fathur Rohman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)
Tahun Pelajaran       : 2016/2017

Standar Kompetensi            
·         Mengamalkan makna sumpah pemuda.

Kompetensi Dasar                
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian kerja sama.
2.      Menjelaskan manfaat kerja sama.
3.      Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.      Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.      Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.      Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.      Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.      Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.      Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10.  Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Alokasi Waktu                       :     2 x 35 menit

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2.   Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.   Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.   Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.   Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.   Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.   Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.   Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

B.  Materi Ajar
1.   Kerja sama.
2.   Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelompok.
4.   Diskusi kelas.
5.   Tanya jawab.
6.   Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang suku-suku yang ada di Indonesia.
c)   Dilanjutkan tanya jawab tentang keanekaragaman budaya di Indonesia.


2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7.
b) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda yang diceritakan pada bacaan halaman 4-7.
c)   Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya sumpah pemuda.
d)   Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk membacakan isi sumpah pemuda.
e)   Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
f)   Menjelaskan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka Tunggal Ika.
g)   Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-3, 4-9.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
               Teknik                         :           tugas kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen       :           penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja.


Contoh Instrumen          :       
     Manfaat kerja sama adalah .................................................................................
     Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ..............................................................
     Kerja sama di sekolah misalnya .........................................................................
     Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya .......................
     Saya dan teman-teman bekerja sama dalam .......................................................

   Sebutkan isi sumpah pemuda!.............................................................................


                                                            
                  
                                            Pungging,           Juni 2016
  Mengetahui,
                                                                               
            Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKn



  Fathur Rohman,S.Ag                                                 Fathur Rohman
  NIP.                                                                           NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)
Tahun Pelajaran       : 2016/2017

Standar Kompetensi            
1.Mengamalkan makna sumpah pemuda.

Kompetensi Dasar                
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian kerja sama.
2.      Menjelaskan manfaat kerja sama.
3.      Menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.      Mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.      Menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.      Melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.      Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.      Menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.      Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10.  Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Alokasi Waktu                       :     2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2.   Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja sama.
4.   Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5.   Siswa dapat menceritakan kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6.   Siswa dapat melaksanakan kerja sama di sekolah.
7.   Siswa dapat menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8.   Siswa dapat menyebutkan isi sumpah pemuda.
9.   Siswa dapat menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

B.  Materi Ajar
1.   Kerja sama.
2.   Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Diskusi kelompok.
4.   Diskusi kelas.
5.   Tanya jawab.
6.   Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Ketiga
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa melihat buku).
c)   Menceritakan pentingnya memahami makna isi sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.

2.   Kegiatan Inti
a)   Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9.
b)   Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari pentingnya kerja sama dan saling menolong.
c)   Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman halaman 9.
d)   Meminta semua siswa berkelompok dengan empat sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut.
·   Hubungan kerja sama dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
·   Makna isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagi siswa pada masa sekarang.
·   Mengapa sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami maknanya oleh bangsa Indonesia, bahkan pada masa sekarang.
e)   Guru meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
f)   Guru menjelaskan cara mengutarakan pendapat dengan baik
g)   Guru meminta setiap kelompok memberi pendapat atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain.
.

     

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 1-3, 4-9.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
               Teknik                         :           tugas kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen       :           penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja.


Contoh Instrumen       :    
1.   Manfaat kerja sama adalah ....
      Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....
      Kerja sama di sekolah misalnya ....
      Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya ....
      Saya dan teman-teman bekerja sama dalam ....

2.   Sebutkan isi sumpah pemuda.
                                                                 
                                            Pungging,           Juni 2016
  Mengetahui,                                              
            Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKn



  Fathur Rohman,S.Ag                                                 Fathur Rohman

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III(Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Kompetensi Dasar                      
1.2.Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari..

Indikator
Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).

Alokasi Waktu                                      :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.

B.   Materi Ajar
Mengamalkan sumpah pemuda.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Tanya jawab.
4.   Ceramah.
5.   Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang cara mengamalkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
c)   Menceritakan beberapa contoh pengamalan sumpah pemuda.

2.   Kegiatan Inti
a)      Meminta semua siswa mengisi kolom sikap pada halaman 10.
b)      Menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya dan membandingkan dengan hasil pekerjaan siswa lain.
c)      Bertanya jawab tentang sikap mana pada kolom sikap halaman 10 yang sesuai dan tidak sesuai dengan makna sumpah pemuda beserta alasannya.
d)      Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan contoh pengamalan sumpah pemuda selain yang telah tertulis di buku.
e)      Meminta semua siswa mengamati gambar-gambar tentang pengamalan sumpah pemuda di halaman 12 sampai 17.
f)       Menunjuk beberapa siswa menentukan gambar mana pada setiap nomor soal yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda.
g)      Menugaskan semua siswa mewarnai gambar di halaman 12 sampai 17 yang sesuai dengan pengamalan sumpah pemuda (sesuai petunjuk pada halaman 12).
h)      Menugaskan semua siswa mengerjakan tugas ekspresikan dirimu.
i)        Mengajak semua siswa menyanykan lagu ”dari Sabang sampai Merauke” di halaman 19 dengan penuh semangat.
j)        Menugaskan semua siswa untuk selalu mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda.
k)      Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,dan pengamalan sumpah pemuda, kemudian berlatih soal-soal latihan pada “ayo belajar” hal. 20-22, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.   Kegiatan Inti
a)   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)   Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)   Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang norma yang berlaku di masyarakat.

E.  Sumber/Bahan Belajar
a)   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 10-22.
c)   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
                 
               Teknik                      :        tugas individu, ulangan harian.
Bentuk Instrumen    :        penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian portofolio (membuat karangan), penilaian tertulis (pilihan ganda, uraian singkat).



Contoh Instrumen    :       
1.      Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu.
2.        Ceritakan apakah kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah pemuda.

2.   Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena ....................................
a. terpecah belah
b. penakut
c. mudah menyerah

3. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu Bangsa, Satu Bahasa”?.............................................

              Pungging,                          2016
             Mengetahui,                                      
           
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran Pkn



            Fathur Rohman                                                       Fathur Rohman



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)


Standar Kompetensi                           
2.Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.

Kompetensi Dasar                   
2.1Mengenal aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

Indikator                                     
1.      Menjelaskan pengertian norma.
2.      Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.
3.      Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

Alokasi Waktu                          :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian norma.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. 
3.   Siswa dapat menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.

B.  Materi Ajar
Norma yang berlaku di masyarakat.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Kontekstual.
2.      Pendekatan Cooperatif Learning.
3.      Tanya jawab.
4.      Ceramah.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Mengajak siswa bertanya jawab tentang aturan-aturan yang ada dan berlaku di madrasah.
c)   Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang aturan-aturan yang berlaku di rumah dan lingkungan tempat tinggal (RT, RW, dst).

2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa diajak untuk mengamati gambar tentang contoh penerapan berbagai  norma di masyarakat.
b)      Guru menjelaskan pengertian norma, yaitu aturan-aturan yang digunakan sebaai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.
c)      Guru menjelaskan beberapa norma yang berlaku di masyarakat, yaitu:
  • Norma agama
  • Norma kesusilaan
  • Norma kesopanan
  • Norma kebiasaan
  • Norma hukum
d)   Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat.
e)   Guru melakukan tanya jawab mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.
f)   Guru menanyakan pertanyaan pemahaman  mengenai fungsi norma dalam masyarakat.
 
3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III,.
2.   Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
              
               Teknik                               :     tugas individu.
Bentuk Instrumen             :     penilaian lisan
Contoh Instrumen             :    
Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat?
                                                     
                                    Pungging,                                2016
               
              Mengetahui,                                     
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn






Fathur Rohman,S.Ag                                                  Fathur Rohman,S.Ag
  NIP.                                                                           NIP




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)


Kompetensi Dasar                      
2.2 Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

Indikator
1.      Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2.      Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa

Alokasi Waktu                                      :        2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2.   Siswa dapat mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa.
              
B.  Materi Ajar
Hidup dalam norma yang berlaku.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Kontekstual.
2.      Pendekatan Cooperatif Learning.
3.      Tanya jawab.
4.      Ceramah.
5.      Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Bertanya jawab dengan siswa tentang hal berikut.
·         Pernahkah merusakkan barang ibu atau ayah tanpa sepengetahuan mereka?
·         Ibadah apa yang siswa lakukan sesuai dengan agama dan kepercayaannya?
·         Apa yang harus dilakukan ketika medapat bantuan dari orang lain?
·         Pernahkah pergi mengunjungi saudara ketika hari raya?
c)   Guru menjelaskan bahwa hal-hal tersebut di atas merupakan contoh norma yang berlaku di masyarakat.

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan bacaan yang di pegang siswa atau dipinjami oleh guru.
b)   Guru menugaskan semua siswa mengerjakan pertanyaan pemahaman yang ada di dalam bacaaan tersebut
c)   Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil pekerjaan siswa.
d)   Guru menugaskan semua siswa membaca dalam hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 31.
e)   Guru menunjuk tiga sampai empat siswa untuk menceritakan kembali bacaan tersebut di depan kelas.
f)   Guru menanyakan pendapat beberapa siswa lain mengenai cerita tersebut.
g)   Guru menanyakan pertanyaan pemahaman.
h)   Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu.
i)    Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya (rumah, sekolah, dst) selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu.

3.   Kegiatan Penutup
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, 2.     Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F. Penilaian   
               Teknik                         :     tugas individu.
Bentuk Instrumen       :     penilaian unjuk kerja, penilaian lisan.
Contoh Instrumen       :    

1.   Berani mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ....



                                             __________,  _____________________
               
            Mengetahui,
                                                                       
            Kepala Sekolah                                               Guru Kelas 3




Fathur Rohman,S.Ag                                                 Fathur Rohman,S.Ag
  NIP.                                                                          NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama MI                     :   MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  III (Tiga)
Semester                      :  I (Satu)

Kompetensi Dasar                      
2.3 Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.

Indikator
1.   Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2.   Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
3.      Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
4.      Melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.

Alokasi Waktu                                      :        4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2.   Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
3.   Siswa dapat menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
4.   Siswa dapat melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.
              
B.  Materi Ajar
Melaksanakan norma yang berlaku

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan Kontekstual.
2.   Pendekatan Cooperatif Learning.
3.   Tanya jawab.
4.   Diskusi kelompok.
5.   Diskusi kelas.
6.   Ceramah.
7.   Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)   Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Guru menyebutkan beberapa tindakan yang sesuai dengan norma dan yang melanggar norma.
c)   Kemudian siswa diminta menentukan apakah tindakan itu sesuai atau melanggar norma yang berlaku.


2.   Kegiatan Inti
a)      Guru menugaskan siswa untuk berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya.
b)      Setiap kelompok diminta mengerjakan soal latihan yang disiapkan oleh guru dengan cara mendiskusikan jawaban mereka.
c)      Bertanya jawab mengenai hasil diskusi kelompok.
d)     Guru meminta setiap kelompok membuat kesimpulan mengenai akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat berdasarkan soal latihan yang mereka kerjakan.
e)      Guru menjelaskan kembali akibat melanggar norma.
f)       Guru menugaskan siswa mewarnai gambar yang tepat pada soal-soal yang disiapkan oleh guru
g)      Bertanya jawab dengan siswa mengenai isian pada kolom ekspresikan dirimu yang disiapkan oleh guru
h)      Mengajak semua siswa menyanyikan lagu “Sumbangsihku”.
i)        Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitar.
j)        Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.
k)      Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam norma yang berlaku, dan melaksanakan norma yang berlaku, kemudian berlatih soal-soal latihan , untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b)   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi dasar.
c)   Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.   Kegiatan Inti
a)   Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b)   Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c)   Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d)   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

3.   Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang memiliki harga diri sebagai individu.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1.   Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III, 2.     Orang tua.
3.   Teman.
4.   Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F. Penilaian   
               Teknik                         :     tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen       :     penilaian unjuk kerja, penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat), penilaian sikap, pilihan ganda.
Contoh Instrumen       :
                 
1.   Apabila mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya kamu ....
2.   Norma adalah tatanan yang mengatur orang dalam
      hal ...

1.Pergaulan sehari-hari
2.Cara seseorang berjalan
3.Cara orang mengerjakan PR

2.      Norma yang biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma .........................................
                                             Pungging,.......................2016
            Mengetahui,
            Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



          Fathur Rohman,S.Ag                                        Fathur Rohman,S.Ag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHRUL ULUM PUNGGING

Supervisi Guru Klas I Bu Anis

MI bahrul ulum