SILABUS
Nama MI : MI
BAHRULULUM
Mata
Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester
: 1
STANDAR
KOMPETENSI:
1. Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
|
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.
|
- Menceritakan sejarah terjadinya sumpah
pemuda.
- Menyebutkan isi sumpah pemuda.
- Mendiskusikan makna isi sumpah pemuda
- Mendiskusikan arti satu nusa, satu bangsa,
satu bahasa.
|
-
Menceritakan sejarah terjadinya sumpah pemuda.
-
Menyebutkan isi sumpah pemuda.
-
Menjelaskan makna isi sumpah pemuda.
-
Menjelaskan arti satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
|
-
Tugas Individu.
-
Tugas kelompok.
|
-
Penilaian lisan.
-
Penilaian unjuk kerja.
|
-
Sebutkan isi sumpah pemuda.
|
|
Buku paket yg
sesuai
Orang tua.
Teman.
|
|
1.1.Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam
kehidupan sehari-hari.
|
- Mengamalkan sumpah pemuda.
|
- Mengamati gambar tentang pengamalan nilai
sumpah pemuda.
- Menyebutkan contoh-contoh pengamalan nilai
sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengekspresikan pemahaman makna sumpah
pemuda dalam bentuk karangan.
|
Mengamalkan nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).
|
Tugas Individu.
|
-
Penilaian sikap.
-
Penilaian lisan.
-
Penilaian portofolio.
|
- Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu
mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu. Ceritakan apakah kamu menyukai
atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu tidak menyukainya,
ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna sumpah pemuda.
|
|
Buku paket.
Orang tua.
Teman.
Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
|
- Kerja sama
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh
- Mengamalkan sumpah pemuda
|
- Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan
kerja sama, pemahaman bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, dan pengamalan
sumpah pemuda.
|
- Mengerjakan soal dengan baik berkaitan
dengan materi kerja sama, pemahaman beratu kita teguh bercerai kita runtuh,
dan pengamalan sumpah pemuda.
|
- Ulangan harian
|
- Pilihan ganda
- Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
|
1.
Bangsa Indonesia mudah dijajah selama berabad-abad karena ...
a. terpecah belah
b. penakut
c.
mudah menyerah
2. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu
Bangsa, Satu Bahasa”?
|
|
Buku Buku
referensi lain.
Orang tua.
Teman.
Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
Pungging,3 0 Juni 2016
Mengetahui,
Guru Mata kelas 3
Kepala Sekolah
Fathur Rohman.S.Ag Fathur Rohman.S.Ag
NIP. NIP.
Nama MI : MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
2. Melaksanakan norma yang berlaku di
masyarakat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1. Mengenal aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan masyarakat sekitar.
|
Ayo melaksanakan norma di masyarakat.
- Norma yang berlaku di masyarakat.
|
Menjelaskan pengertian norma.
Mengamati gambar tentang penerapan norma
yang berlaku di masyarakat.
Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam
norma yang berlaku di masyarakat.
Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.
|
Menjelaskan pengertian norma.
Mengidentifikasi macam-macam norma yang
berlaku di masyarakat.
Menjelaskan fungsi norma dalam masyarakat.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
|
- Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan
bermasyarakat?
|
|
-
Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III,
-
Orang tua.
-
Teman.
-
Lingkungan rumah keluarga),sekolah, dst.
|
2.2. Menyebutkan contoh aturan-aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
|
- Hidup dalam norma yang berlaku.
|
Mengamati gambar tentang beberapa norma
yang berlaku di masyarakat.
Menyebutkan contoh aturan-aturan atau norma
yang berlaku di masyarakat.
Menceritakan aturan-aturan yang berlaku di
lingkungan sekitar siswa.
|
Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di
masyarakat.
Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku
di lingkungan sekitar siswa.
|
-
Tugas
individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
|
-
Berani mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ...
|
|
-
Buku paket .
-
Orang tua.
-
Teman.
-
Lingkungan rumah (keluarga),sekolah, dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.3
Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat
sekitar.
|
- Melaksanakan norma yang berlaku.
|
Mengamati gambar tentang trindakan
melaksanakan norma yang berlaku.
Mengamati gambar tentang tindakan melanggar
norma yang berlaku.
Menjelaskan tindakan-tindakan yang sesuai
dengan norma di masyarakat.
Menjelaskan tindakan-tindakan yang
melanggar norma di masyarakat.
Menjelaskan akibat melanggar norma yang
berlaku.
Melaksanakan aturan-aturan atau norma-norma
yang berlaku di masyarakat
|
-
Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang
berlaku.
-
Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
-
Menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di
masyarakat.
- Melaksanakan aturan atau norma yang berlaku
di masyarakat.
|
-
Tugas kelompok.
|
-
Penilaian lisan.
- Penilaian unjuk kerja.
-
Penilaian sikap.
|
-
Apabila mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya
kamu ...
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah keluarga),
sekolah,
dst.
|
|
- Norma yang berlaku di masyarakat.
- Hidup dalam norma yang berlaku.
- Melaksanakan norma yang berlaku.
|
Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan norma yang berlaku di masyarakat, hidup dalam
norma yang berlaku, dan pelaksanaan norma yang berlaku.
|
Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat, hidup
dalam norma yang berlaku, dan pelaksanaan norma yang berlaku.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian
singkat).
|
1. Norma adalah tatanan yang mengatur orang
dalam
hal ...
2. Norma yang biasanya tidak tertulis disebut
sebagai norma ...
|
|
- Buku paket
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah keluarga),
sekolah,
dst.
|
Pungging, 30
Juni 2016
Mengetahui,
Guru Mata kelas 3
Kepala Sekolah
Fathur Rohman.S.Ag Fathur Rohman.S.Ag
NIP. NIP.
Nama MI : MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
3. Memiliki harga diri sebagai individu.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||
3.1. Mengenal pentingnya memiliki harga diri.
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri, seperti
menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
|
Ayo miliki harga diri
- Apa itu harga diri?
|
Menjelaskan pengertian harga diri.
Menjelaskan pentingnya memiliki harga diri.
Menyebutkan contoh bentuk harga diri.
Menjelaskan perilaku memiliki harga diri
yang tepat dan tidak tepat.
Menjelaskan akibat tidak memiliki harga
diri.
|
- Menjelaskan pengertian harga
diri.
- Menyebutkan contoh bentuk
harga diri.
- Mengidentifikasi perilaku
memiliki harga diri yang tepat dan yang tidak tepat.
- Menjelaskan pentingnya
memiliki harga diri.
- Menjelaskan akibat tidak
memiliki harga diri.
|
Tugas indivi-du.
Tugas kelom-pok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
|
Apa akibat apabila harga diri seseorang
diinjak-injak?
|
4x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewargane-garaan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 51-63.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|||||
|
|||||||||||||
3.3.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri.
|
- Sikap menghargai
|
- Mengamati gambar yang menunjukkan perilaku memiliki harga
diri.
- Mengamati gambar yang menunjukkan perilaku
menghargai orang lain.
- Menceritakan bagaimana cara berperilaku
yang mencerminkan harga diri.
- Menjelaskan pentingnya menghargai orang
lain.
- Menyebutkan contoh perilaku menghargai
orang lain.
- Mengekspresikan pemahaman mengenai
pentingnya memiliki harga diri melalui puisi.
- Menampilkan perilaku yang mencerminkan
harga diri.
|
Menjelaskan pentingnya menghargai orang
lain.
Menyebutkan contoh perilaku menghargai
orang lain.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
harga diri.
|
Tugas kelom-pok.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
Penilaian portofolio
|
-
Buatlah sebuah puisi singkat yang melukiskan betapa
menyedihkannya kehidupan orang yang tidak memiliki harga diri.
|
2 x 35 menit
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewargane-garaan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 64-70.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|||||
|
- Apa itu harga diri?
- Sikap menghargai.
|
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan harga
diri dan sikap menghargai.
|
Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai harga
diri dan sikap menghargai.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian
singkat).
|
1.
Harga diri sama artinya dengan ...
a.
kehormatan diri
b.
keangkuhan diri
c.
rendah diri
2. Jelaskan mengapa seseorang harus
mempunyai harga diri!
|
2x35 menit
|
- Buku paket hal. 51-72
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst
|
|||||
Pungging ,30 Juni 2016
Mengetahui, Guru Kelas 3
Kepala Sekolah
Fathur Rohman,S.Ag Fathur Rohman,S.Ag.
Nama MI : MI BAHRULULUM
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Kelas : 3
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1. Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti
kebhinnekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
Ayo bangga menjadi bangsa Indonesia.
-
Keanekaragaman Indonesia
|
- Menyebutkan contoh budaya khas
daerah-daerah di Indonesia.
- Menyebutkan contoh hewan khas daerah-daerah
di Indonesia.
- Menyebutkan contoh tumbuhan khas
daerah-daerah di Indonesia.
- Menceritakan keanekaragaman budaya yang
dimiliki Indonesia.
- Menceritakan kekayaan alam yang dimiliki
Indonesia.
- Mengekspresikan perasaan menjadi anak
Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang begitu
banyak melalui karangan.
-
|
- Mengidentifikasi keanekaragaman dan
kekhasan budaya Indonesia.
- Mengidentifikasi kekayaan alam yang
dimiliki Indonesia.
- Memiliki rasa bangga sebagai anak Indonesia
yang memiliki keanekaragaman dan kekhasan budaya serta kekayaan alam yang
begitu banyak.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian unjuk kerja.
Penilaian portofolio.
|
Ceritakanlah di depan kelas mengenai hal
yang kamu anggap paling membanggakan di daerahmu.
Buatlah sebuah karangan dengan tema ”aku
bangga menjadi anak Indonesia”.
|
4x35
menit.
|
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 73-83.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/Bahan Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.2. Menampilkan
rasa bangga sebagai anak Indonesia.
|
Bangga menjadi orang
Indonesia.
|
Mengamati gambar tentang perilaku yang menunjukkan rasa
bangga menjadi anak Indonesia dan yang tidak.
Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa bangga
sebagai anak Indonesia.
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
|
Menyebutkan contoh perilaku yang menunjukkan rasa
bangga sebagai anak Indonesia.
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia.
|
Tugas individu.
|
Penilaian lisan.
Penilaian sikap.
Penilaian unjuk kerja.
|
Apabila kamu bangga sebagai bangsa Indonesia, kamu akan
memilih berlibur ke ....
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 84-89
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
|
Keanekara-gaman Indonesia.
Bangga menjadi orang
Indonesia.
|
Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan keanekaragaman
Indonesia dan rasa bangga menjadi orang Indonesia.
|
Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai keanekaragaman
Indonesia dan rasa bangga menjadi orang Indonesia
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau tertulis (uraian
singkat).
|
1. Rumah khas Batak Toba disebut sebagai …
a. bolon
b. gadang
c. joglo
2. Olahraga khas Nias yang terkenal adalah …
|
2x35
menit.
|
- Buku paket hal. 73-92.
- Buku referensi lain.
- Orang tua.
- Teman.
- Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
|
|
................, …………………………………
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS
BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Standar Kompetensi
1. Mengamalkan
makna sumpah pemuda.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan
satu bahasa.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian kerja sama.
2. Menjelaskan
manfaat kerja sama.
3. Menjelaskan
akibat tidak mau bekerja sama.
4. Mengidentifikasi
kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Menceritakan
kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Melaksanakan
kerja sama di sekolah.
7. Menceritakan
sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8. Menyebutkan
isi sumpah pemuda.
9. Menjelaskan
makna isi sumpah pemuda.
10. Menjelaskan
arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1
pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja
sama.
4. Siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Siswa dapat menceritakan
kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Siswa dapat melaksanakan
kerja sama di sekolah.
7. Siswa dapat menceritakan sejarah
terjadinya sumpah pemuda.
8. Siswa dapat menyebutkan isi
sumpah pemuda.
9. Siswa dapat menjelaskan makna isi
sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
B. Materi Ajar
1. Kerja
sama.
2. Bersatu
kita teguh, bercerai kita runtuh.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Diskusi kelas.
5. Tanya jawab.
6. Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan-kegiatan tim yang pernah dilakukan di sekolah.
c) Mengajak siswa menceritakan pengalaman mereka
melakukan kegiatan dalam suatu tim di sekolah.
2. Kegiatan
Inti
a) Semua siswa diminta mengamati gambar tentang
pertandingan tim bola basket atau olah raga lain.
·
Guru menunjuk dua sampai tiga siswa untuk
bergiliran membacakan bacaan dalam buku (bacaan berjudul ”pertandingan basket”/
olah raga lain).
·
Menanyakan pertanyaan pemahaman bacaan .
·
Guru menjelaskan pengertian kerja sama dengan
memberi contoh pada bacaan ”pertandingan”.
·
Semua siswa
diminta berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya dan mendiskusikan
hal berikut dengan teman sekelompoknya.
·
Manfaat kerja sama.
·
Akibat tidak mau bekerja sama.
·
Contoh-contoh kerja sama yang dapat dilakukan
di sekolah.
·
Contoh-contoh kegiatan sekolah yang tidak boleh
dilakukan dengan kerja sama.
f) Guru
menjelaskan bahwa diskusi yang siswa lakukan dalam kelompok merupakan salah
satu bentuk kerja sama.
g) Guru menjelaskan cara
berdiskusi yang baik.
h) Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa mengenai hasil diskusi kelompok.
3. Kegiatan Penutup
a) Guru mengajak semua siswa mengambil
kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
b) Guru mengingatkan kembali siswa mengenai
pentingnya kerja sama.
c) Guru mengingatkan kembali siswa bahwa tidak
semua kegiatan dapat dilakukan dengan kerja sama.
d) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, 2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen :
·
Manfaat kerja sama adalah
.................................................................................
·
Jika tidak mau bekerja sama akibatnya
..............................................................
·
Kerja sama di sekolah misalnya
.........................................................................
·
Kegiatan di sekolah yang harus saya
kerjakan sendiri misalnya .......................
·
Saya dan teman-teman bekerja sama
dalam .......................................................
Ø
Sebutkan isi sumpah
pemuda!.............................................................................
Pungging, Juni
2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas 3
Fathur
Rohman,S.Ag Fathur Rohman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS
BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Standar Kompetensi
·
Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan
satu bahasa.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian kerja sama.
2. Menjelaskan
manfaat kerja sama.
3. Menjelaskan
akibat tidak mau bekerja sama.
4. Mengidentifikasi
kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Menceritakan
kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Melaksanakan
kerja sama di sekolah.
7. Menceritakan
sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8. Menyebutkan
isi sumpah pemuda.
9. Menjelaskan
makna isi sumpah pemuda.
10. Menjelaskan
arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja
sama.
4. Siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Siswa dapat menceritakan
kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Siswa dapat melaksanakan
kerja sama di sekolah.
7. Siswa dapat menceritakan sejarah
terjadinya sumpah pemuda.
8. Siswa dapat menyebutkan isi
sumpah pemuda.
9. Siswa dapat menjelaskan makna isi
sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
B. Materi Ajar
1. Kerja
sama.
2. Bersatu
kita teguh, bercerai kita runtuh.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Diskusi kelas.
5. Tanya jawab.
6. Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
suku-suku yang ada di Indonesia.
c) Dilanjutkan tanya jawab tentang
keanekaragaman budaya di Indonesia.
2. Kegiatan
Inti
a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan
tentang sumpah pemuda di halaman 4 sampai 7.
b) Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa tentang sejarah terjadinya sumpah pemuda
yang diceritakan pada bacaan halaman 4-7.
c) Guru menceritakan kembali sejarah terjadinya
sumpah pemuda.
d) Menunjuk dua sampai tiga siswa untuk
membacakan isi sumpah pemuda.
e) Menjelaskan bahwa isi sumpah pemuda harus
selalu diterapkan oleh siswa pada masa sekarang.
f) Menjelaskan semboyan ”satu nusa, satu bangsa,
satu bahasa” sebagai inti dari sumpah pemuda dan hubungannya dengan Bhinneka
Tunggal Ika.
g) Menugaskan semua siswa untuk mengerjakan
pertanyaan pemahaman dan ayo bercerita di halaman 7.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapaian indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 1-3, 4-9.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen
:
• Manfaat kerja sama adalah
.................................................................................
• Jika tidak mau bekerja sama akibatnya
..............................................................
• Kerja sama di sekolah misalnya
.........................................................................
• Kegiatan di sekolah yang harus saya kerjakan sendiri misalnya
.......................
• Saya dan teman-teman bekerja sama dalam
.......................................................
Sebutkan isi sumpah
pemuda!.............................................................................
Pungging, Juni 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
PKn
Fathur
Rohman,S.Ag Fathur Rohman
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS
BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Standar Kompetensi
1.Mengamalkan makna sumpah pemuda.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan
satu bahasa.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian kerja sama.
2. Menjelaskan
manfaat kerja sama.
3. Menjelaskan
akibat tidak mau bekerja sama.
4. Mengidentifikasi
kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Menceritakan
kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Melaksanakan
kerja sama di sekolah.
7. Menceritakan
sejarah terjadinya sumpah pemuda.
8. Menyebutkan
isi sumpah pemuda.
9. Menjelaskan
makna isi sumpah pemuda.
10. Menjelaskan
arti satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1
pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja sama.
2. Siswa dapat menjelaskan manfaat kerja sama.
3. Siswa dapat menjelaskan akibat tidak mau bekerja
sama.
4. Siswa dapat mengidentifikasi
kegiatan yang memerlukan kerja sama dan kegiatan yang harus dilakukan sendiri.
5. Siswa dapat menceritakan
kerja sama yang dilakukan di sekolah.
6. Siswa dapat melaksanakan
kerja sama di sekolah.
7. Siswa dapat menceritakan sejarah
terjadinya sumpah pemuda.
8. Siswa dapat menyebutkan isi
sumpah pemuda.
9. Siswa dapat menjelaskan makna isi
sumpah pemuda.
10. Siswa dapat menjelaskan arti satu
nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.
B. Materi Ajar
1. Kerja
sama.
2. Bersatu
kita teguh, bercerai kita runtuh.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Diskusi kelompok.
4. Diskusi kelas.
5. Tanya jawab.
6. Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Ketiga
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang isi
sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” (tanpa melihat
buku).
c) Menceritakan pentingnya memahami makna isi
sumpah pemuda dan semboyan “satu nusa, satu bangsa, satu bahasa”.
2. Kegiatan
Inti
a) Semua siswa diminta membaca dalam hati bacaan
ajang budi pekerti di halaman 8 dan 9.
b) Guru menceritakan kembali bacaan ajang budi
pekerti halaman 8 dan 9 tentang kelima jari tangan yang pada akhirnya menyadari
pentingnya kerja sama dan saling menolong.
c) Melakukan tanya jawab pertanyaan pemahaman
halaman 9.
d) Meminta semua siswa berkelompok dengan empat
sampai lima teman sekelasnya dan mendiskusikan hal berikut.
· Hubungan kerja sama
dengan isi sumpah pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
· Makna isi sumpah
pemuda dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” bagi siswa pada masa
sekarang.
· Mengapa sumpah pemuda
dan semboyan ”satu nusa, satu bangsa, satu bahasa” perlu diketahui dan dipahami
maknanya oleh bangsa Indonesia, bahkan pada masa sekarang.
e) Guru
meminta perwakilan setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya.
f) Guru menjelaskan cara mengutarakan pendapat
dengan baik
g) Guru meminta setiap kelompok memberi pendapat
atau komentar tentang hasil diskusi kelompok lain.
.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hal. 1-3, 4-9.
2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
kelompok, tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku),
penilaian unjuk kerja.
Contoh Instrumen :
1. Manfaat kerja sama adalah ....
Jika tidak mau bekerja sama akibatnya ....
Kerja sama di sekolah misalnya ....
Kegiatan di sekolah yang harus saya
kerjakan sendiri misalnya ....
Saya dan teman-teman bekerja sama dalam ....
2. Sebutkan isi sumpah pemuda.
Pungging, Juni 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
PKn
Fathur
Rohman,S.Ag Fathur Rohman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III(Tiga)
Semester : I (Satu)
Kompetensi Dasar
1.2.Mengamalkan
nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari..
Indikator
Mengamalkan nilai sumpah
pemuda dalam kehidupan sehari-hari (di rumah, sekolah, dll).
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengamalkan
nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Ajar
Mengamalkan sumpah pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Kontekstual.
2. Pendekatan Cooperatif Learning.
3. Tanya jawab.
4. Ceramah.
5. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang cara
mengamalkan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari.
c) Menceritakan beberapa contoh pengamalan
sumpah pemuda.
2. Kegiatan Inti
a) Meminta semua siswa
mengisi kolom sikap pada halaman 10.
b) Menunjuk beberapa
siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya dan membandingkan dengan hasil
pekerjaan siswa lain.
c) Bertanya jawab
tentang sikap mana pada kolom sikap halaman 10 yang sesuai dan tidak sesuai
dengan makna sumpah pemuda beserta alasannya.
d) Menunjuk beberapa siswa untuk menyebutkan
contoh pengamalan sumpah pemuda selain yang telah tertulis di buku.
e) Meminta semua siswa
mengamati gambar-gambar tentang pengamalan sumpah pemuda di halaman 12 sampai
17.
f) Menunjuk beberapa
siswa menentukan gambar mana pada setiap nomor soal yang sesuai dengan
pengamalan sumpah pemuda.
g) Menugaskan semua
siswa mewarnai gambar di halaman 12 sampai 17 yang sesuai dengan pengamalan
sumpah pemuda (sesuai petunjuk pada halaman 12).
h) Menugaskan semua
siswa mengerjakan tugas ekspresikan dirimu.
i)
Mengajak semua siswa menyanykan lagu ”dari Sabang
sampai Merauke” di halaman 19 dengan penuh semangat.
j)
Menugaskan semua siswa untuk selalu mengamalkan
nilai-nilai sumpah pemuda.
k) Siswa diingatkan
untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama, bersatu kita teguh
bercerai kita runtuh,dan pengamalan sumpah pemuda, kemudian berlatih soal-soal latihan
pada “ayo belajar” hal. 20-22, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan kompetensi
dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan
Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu
pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan
Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang norma yang berlaku di masyarakat.
E. Sumber/Bahan Belajar
a) Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III,
terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hal. 10-22.
c) Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu, ulangan harian.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap, penilaian
portofolio (membuat karangan), penilaian tertulis (pilihan ganda, uraian
singkat).
Contoh Instrumen :
1. Buatlah sebuah karangan yang menceritakan pendapatmu
mengenai teman yang berbeda asal-usul denganmu.
2.
Ceritakan
apakah kamu menyukai atau kurang menyukainya dan apa alasannya. Apabila kamu
tidak menyukainya, ceritakan apa yang harus kamu lakukan sesuai dengan makna
sumpah pemuda.
2. Bangsa Indonesia mudah dijajah selama
berabad-abad karena ....................................
a.
terpecah belah
b. penakut
c. mudah
menyerah
3. Apa arti semboyan “Satu nusa,Satu
Bangsa, Satu Bahasa”?.............................................
Pungging, 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran Pkn
Fathur Rohman
Fathur Rohman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS
BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi
2.Melaksanakan norma yang
berlaku di masyarakat.
Kompetensi Dasar
2.1Mengenal aturan-aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian norma.
2. Mengidentifikasi
macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.
3. Menjelaskan
fungsi norma dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian norma.
2. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat.
3. Siswa dapat menjelaskan
fungsi norma dalam masyarakat.
B. Materi Ajar
Norma yang berlaku di masyarakat.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif
Learning.
3.
Tanya jawab.
4.
Ceramah.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Mengajak siswa bertanya jawab tentang
aturan-aturan yang ada dan berlaku
di madrasah.
c) Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang
aturan-aturan yang berlaku di rumah dan lingkungan tempat tinggal (RT, RW,
dst).
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diajak untuk mengamati
gambar tentang contoh penerapan berbagai norma di masyarakat.
b) Guru menjelaskan pengertian
norma, yaitu aturan-aturan yang digunakan sebaai pedoman dalam kehidupan
bermasyarakat.
c) Guru menjelaskan
beberapa norma yang berlaku di masyarakat, yaitu:
- Norma agama
- Norma kesusilaan
- Norma kesopanan
- Norma kebiasaan
- Norma hukum
d) Guru menunjuk beberapa siswa
untuk membaca bacaan tentang berbagai norma yang berlaku di masyarakat.
e) Guru melakukan tanya jawab
mengenai pengertian dan contoh setiap norma pada bacaan tersebut.
f) Guru menanyakan pertanyaan
pemahaman mengenai fungsi norma dalam
masyarakat.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III,.
2. Orang
tua.
3. Teman.
4. Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu.
Bentuk
Instrumen : penilaian lisan
Contoh Instrumen :
Mengapa norma dibutuhkan dalam kehidupan
bermasyarakat?
Pungging,
2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran PKn
Fathur Rohman,S.Ag Fathur Rohman,S.Ag
NIP. NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Kompetensi Dasar
2.2 Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator
1. Menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2. Mengidentifikasi
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitar siswa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2. Siswa dapat mengidentifikasi aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan sekitar siswa.
B. Materi Ajar
Hidup dalam norma yang berlaku.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif
Learning.
3.
Tanya jawab.
4.
Ceramah.
5.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Bertanya jawab dengan siswa tentang hal
berikut.
·
Pernahkah merusakkan barang ibu atau ayah tanpa
sepengetahuan mereka?
·
Ibadah apa yang siswa lakukan sesuai dengan agama
dan kepercayaannya?
·
Apa yang harus dilakukan ketika medapat bantuan
dari orang lain?
·
Pernahkah pergi mengunjungi saudara ketika hari
raya?
c) Guru
menjelaskan bahwa hal-hal tersebut di atas merupakan contoh norma yang berlaku
di masyarakat.
2. Kegiatan Inti
a) Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan
bacaan yang di pegang siswa atau dipinjami oleh guru.
b) Guru menugaskan semua siswa mengerjakan
pertanyaan pemahaman yang ada di dalam bacaaan tersebut
c) Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil
pekerjaan siswa.
d) Guru menugaskan semua siswa membaca dalam
hati bacaan ajang budi pekerti di halaman 31.
e) Guru menunjuk tiga sampai empat siswa untuk
menceritakan kembali bacaan tersebut di depan kelas.
f) Guru menanyakan pendapat beberapa siswa lain
mengenai cerita tersebut.
g) Guru menanyakan pertanyaan pemahaman.
h) Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di masyarakat selain yang telah tertulis di
buku dan termasuk norma apakah aturan itu.
i) Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan
contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan sekitarnya (rumah, sekolah,
dst) selain yang telah tertulis di buku dan termasuk norma apakah aturan itu.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, 2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F. Penilaian
Teknik :
tugas individu.
Bentuk Instrumen : penilaian unjuk kerja, penilaian lisan.
Contoh Instrumen :
1. Berani
mengakui kesalahan adalah salah satu contoh penerapan norma ....
__________, _____________________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 3
Fathur Rohman,S.Ag Fathur Rohman,S.Ag
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama MI : MIS BAHRUL ULUM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Kompetensi Dasar
2.3 Melaksanakan aturan-aturan
yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator
1. Mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma yang berlaku.
2. Mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang berlaku.
3. Menjelaskan
akibat melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
4. Melaksanakan
aturan atau norma yang berlaku di masyarakat.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mengidentifikasi tindakan melaksanakan norma
yang berlaku.
2. Siswa dapat mengidentifikasi tindakan melanggar norma yang
berlaku.
3. Siswa dapat menjelaskan akibat melanggar norma yang berlaku di
masyarakat.
4. Siswa dapat melaksanakan aturan atau norma yang berlaku di
masyarakat.
B. Materi Ajar
Melaksanakan norma yang berlaku
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Kontekstual.
2. Pendekatan
Cooperatif Learning.
3. Tanya
jawab.
4. Diskusi
kelompok.
5. Diskusi
kelas.
6. Ceramah.
7. Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
1. Kegiatan
Awal
a) Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru menyebutkan beberapa tindakan yang
sesuai dengan norma dan yang melanggar norma.
c) Kemudian siswa diminta menentukan apakah
tindakan itu sesuai atau melanggar norma yang berlaku.
2. Kegiatan Inti
a) Guru menugaskan siswa
untuk berkelompok dengan dua sampai tiga teman sekelasnya.
b) Setiap kelompok
diminta mengerjakan soal latihan yang disiapkan oleh guru dengan cara
mendiskusikan jawaban mereka.
c) Bertanya jawab
mengenai hasil diskusi kelompok.
d) Guru meminta setiap
kelompok membuat kesimpulan mengenai akibat melanggar norma yang berlaku di
masyarakat berdasarkan soal latihan yang mereka kerjakan.
e) Guru menjelaskan
kembali akibat melanggar norma.
f) Guru menugaskan siswa
mewarnai gambar yang tepat pada soal-soal yang disiapkan oleh guru
g) Bertanya jawab dengan
siswa mengenai isian pada kolom ekspresikan dirimu yang disiapkan oleh guru
h) Mengajak semua siswa
menyanyikan lagu “Sumbangsihku”.
i)
Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya
melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitar.
j)
Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan
aturan-aturan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.
k) Siswa diingatkan
untuk mempelajari kembali materi mengenai norma yang berlaku di masyarakat,
hidup dalam norma yang berlaku, dan melaksanakan norma yang berlaku, kemudian berlatih soal-soal
latihan , untuk menghadapi
ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan
dari materi yang telah dibelajarkan.
b) Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui ketercapai indikator dan
kompetensi dasar.
c) Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1. Kegiatan
Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
2. Kegiatan Inti
a) Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan
dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan
harian.
b) Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c) Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan
soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta
didik mencontek.
d) Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu
pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
3. Kegiatan Penutup
Siswa diingatkan untuk mempelajari materi
berikutnya, yaitu tentang memiliki harga diri sebagai individu.
E. Sumber/Bahan Belajar
1. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas III, 2. Orang tua.
3. Teman.
4. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
F.
Penilaian
Teknik :
tugas individu, tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian unjuk kerja, penilaian lisan atau tertulis
(uraian singkat), penilaian sikap, pilihan ganda.
Contoh Instrumen :
1. Apabila
mengunjungi teman yang sedang sakit, seharusnya kamu ....
2. Norma adalah tatanan yang mengatur
orang dalam
hal ...
1.Pergaulan sehari-hari
2.Cara seseorang
berjalan
3.Cara orang
mengerjakan PR
2.
Norma yang
biasanya tidak tertulis disebut sebagai norma .........................................
Pungging,.......................2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
Fathur Rohman,S.Ag
Fathur Rohman,S.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar