Mengenai Saya

Foto saya
MIS BAHRUL ULUM PURWOREJO PUNGGING MOJOKERTO BERADA DI DAERAH PEGUNUNGAN TEPATNYA DI JALAN MOJOSARI TRAWAS KM 11DESA PURWOREJO RT/RW 12/02

Jurus Sakti Cepat Belajar Bahasa Inggris

Cepat belajar bahasa inggris? Sebuah kalimat yang sebenarnya mustahil untuk dilakukan mengingat ada begitu banyak materi bahasa iggris yang bisa dipelajari mulai dari pembahasan mengenai ‘noun’ sampai pembahasan mengenai belasan tenses yang bisa dibilang ‘rumit’. Namun, percayalah bahwa selalu ada solusi dari setiap masalah di dalam kehidupan kita. Anggaplah bahasa inggris merupakan musuh yang tangguh dengan segala skill yang rumit untuk dikalahkan. Yang kita perlukan hanyalah jurus sakti yang bisa melumpuhkan musuh hebat bernama ‘bahasa Inggris’ tersebut. Lalu, pertanyaanya adalah “jurus sakti macam apa yang bisa kita gunakan untuk melawannya?”. Tentu saja jurus sakti tersebut berupa strategi belajar yang baik dan benar, memang tidak mungkin kita dapat mahir berbahasa inggris hanya dengan belajar dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, bila kita menggunakan strategi belajar yang tepat, kita bisa lebih mudah menguasai bahasa inggris. Dengan strategi yang tepat pula kita bisa mempelajari bahasa inggris dengan lebih efisien. Kemudian, apa sajakah jurus sakti cepat belajar bahasa inggris tersebut? Ini dia jurusnya:

Jurus Sakti Cepat Belajar Bahasa Inggris

Reading

Memaca menjadi jurus pertama yang harus kita lakukan. Dengan membiasakan diri membaca banyak buku dan literasi yang berhubungan dengan bahasa inggris atau setidaknya ditulis dalam bahasa inggris, kita dapat memperoleh banyak input yang dapat menstimulasi otak dan pikiran untuk mulai terbiasa dengan bahasa inggris. Reading atau membaca juga termasuk ke dalam receptive skill. Artinya, dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan-pengetahuan baru mengenai hal yang djelaskan di dalam buku atau tulisan yang kita baca. Hal paling sederhana yang bisa kiita dapatkand eganbanyak membaca adalah penguasaan vocabulary, dengan rajin membaca buku baru setiap minggu, akan semakin banyak vocabulary atau kosa kata bahasa inggris yang bisa kita ketahui. Tentunya ketika membaca tulisan berbahasa inggris kita harus selalu siap sedia dengan adanya kamus yang mendampingi sehingga ketia menemukan kosa kata baru yang tidak kita ketahui maknanya, kitabisa langsung mencarinya di dalam kamus. So, mula sekarang rajin-rajinlah membaca.

Repetition

Repetiton dapat diartikan sebagai pengulangan. Ya, mempelajari materi bahasa inggris sebaiknya dilakukan secara berulang-ulang. Mengapa demikian? Layaknya seperti saat kita belajar sepeda di waktu kecil. Pada saat pertama tentu kita akan sering terjatuh karena belum mampu mengayuh sepeda dengan sempurna dan seimang. Namun, lama kelamaan kita akan bisa mengendarainya ketika kita telah mampu menjaga keseimbangan dan mengayuh secara terus menerus. Coba bayangkan, jika kita belajar sepeda hanya dalam sehari, apakah kita mmapu mengendarainya? Tentu tidak. Perlu usaha berkali-kali dan berulang-ulang agar kita mahir. Begitupun dengan bahasa inggris, beberapa materi harus dibaca dan dipahami secaraberulang-ulang sampai kita menguasainya. Jika telah menguasainya, gunakan langsung di dalam kehdupan sehari-hari, baik dalam tulisan maupun percakapan.
Advertisement

Watching

Menonton merupakan sebuah aktivitas yang mengasyikan. Seharusnya kita bisa memanfaatkannya sebagai media belajar. Denganmenonton film-film berbahasa inggris kita dapat melihat kejadian-kejadian  riil yang biasa terjadi dalam kehidupan sosial sehari-hari di luar negeri. Dari situ juga kita bisa memahami kalimat apa saja yang biasa digunakan pada percakapan dalam situasi-situasi tertentu. Hal terpenting yang bisa kita pelajari dari menonton film berbahasa inggris adalah cara pengucapan atau pronunciation dari kata-kata bahasa inggris. Dengan begitu, emampuan speaking kita bisa menjadi lebih baik.

Hunting

Hunting disini diartikan sebagai berburu teman. Artinya, ketika ingin menguasaibahasa inggris denganbaik, kita harus mencari teman ataupun lingkungan yang dekat dengan bahasa inggris. Di era serba internet seperti saat ini, akan sangat mdah mencari grup-grup ataupun organisasi yang isinya adalah orang-orang yang ingin belajar bahasa inggris. Akan lebih baik bila kita aktif di dalam forum-forum online tertentu yang isinya adalah orang asing, di sana kita bisa mengembangkan kemampuan menulis dan conversation dengan melakukan tanya jawab dengan member dari forum tersebut.

Travelling

Ini adalah cara paling mengasyikan dalam mempelajari bahasa inggris. Bila anda adalah orang yang mempunyai uang lebih, cobalah untuk travelling ke beberapa negara. Dengan begitu anda bisa melatih kemampuan survial languageyang anda miliki. Anda bisa mempraktekan kemampuan speakig anda ketika berbelanja, menanyakan arah, berbicara dengan supir taksi, dan berbagai situasi lainnya.Dari beberapa jurus sakti cepat belajar bahasa inggris di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa cepat atau tidaknya seseorang dalam memahami bahasa inggris bergantung kepada niat yang ada di dalam diri serta lingkungan yang mendukung. Orang indonesia yang tinggal di inggri tentu akan lebih cepat memahami bahasa inggris ketimbang orang yang ada di papua. Jadi, dari sekarang mulailah memiasakan diri anda dengan bahasa inggris. Bacalah buku bahasa inggris. Dengarkan lagu bahasa inggris. Tonton film berbahasa inggris. Cobalah untuk menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari. Tapi ingat, tetap cintailah bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHRUL ULUM PUNGGING

Supervisi Guru Klas I Bu Anis

MI bahrul ulum