Mengenai Saya

Foto saya
MIS BAHRUL ULUM PURWOREJO PUNGGING MOJOKERTO BERADA DI DAERAH PEGUNUNGAN TEPATNYA DI JALAN MOJOSARI TRAWAS KM 11DESA PURWOREJO RT/RW 12/02

SHORTCUT KENA VIRUS BASMI DENGAN CARA INI

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Menghilangkan Virus Shortcut?

Pada dasarnya, virus shortcut bisa diberantas dengan mudah, terutama apabila kita sebagai user jeli terhadap gangguan virus tersebut. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan virus ini. Berikut ini adalah beberapa cara, berikut langkah yang bisa anda gunakan.
1. Mulai Dengan Proses Unhidden Files
folder - unhide folderProses unhidden files bisa anda lakukan dengan menggunakan menu dari windows. Hal ini bertujuan untuk memastikan, apakah storage device anda memang benar-benar terinfeksi virus. Berikut ini caranya:
  • Buka control panel pada windows anda. Menu control panel bisa anda akses dari menu Start.
  • Setelah itu pilih folder options, lalu masuk ke dalam tab View.
  • Pada tab View, cari bagian Hidden Files and folders, lalu pastikan option yang terpilih adalah “Show Hidden files, folder anda drives”.
  • Lalu klik OK.
Dengan menggunakan cara ini, maka seharusnya file yang terhidden akan muncul. Tetapi apabila masih tidak muncul juga, maka dapat dipastikan bahwa storage device anda sudah terserang virus shortcut.
2. Lakukan Proses Remove Attribute pada Storage Device 
command promptFase selanjutnya adalah kita harus membuat agar semua files yang terhidden bisa tampil seperti sedia kala. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Pilih Command Prompt dari start menu.
  • Setelah muncul window command prompt, silahkan anda ketikkan drive letter dari drive storage anda yang bermasalah. Contohnya adalah drive D, maka ketikkan saja D: lalu tekan enter.
  • Setelah command prompt sudah menampilkan drive F, maka anda bisa melakukan penghapusan attribute.
Cara menghapus attribute adalah tuliskan command ini pada window command prompt:
  • Attrib –s –h –r /s /d
  • Lalu tekan Enter
Keterangan Tambahan:
  • -s; merupakan command untuk menghilangkan atribut file shortcut.
  • -h; untuk menghilankan atribut hidden files.
  • -r; untuk menghilangkan atribut read-only.
Setelah melakukan ini, seharusnya file dan juga data anda yang terhidden dan juga menjadi shortcut karena virus sudah muncul kembali dan bisa digunakan dengan sediakala. Akan tetapu, perlu diingat untuk langkah ini hanya berfungsi untuk menghilangkan atribut saja, dan bukan menghilangkan virus penyebab gangguan pada storage device anda.
3. Saatnya Menghapus Virus dari Storage Device
Setelah masalah file dan data yang terhidden dan berubah menjadi shortcut, maka saatnya kita membuang virus dari storage device anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Biasanya antivirus sudah bisa melakukan pendeteksian, sehingga anda bisa melakukan proses scanning biasa pada drives storage anda. Ketika terdeteksi virus, maka akan dilaukan pembersihan otomatis oleh antivirus anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHRUL ULUM PUNGGING

Supervisi Guru Klas I Bu Anis

MI bahrul ulum